Iklan dempo dalam berita

Serai hanya untuk Rempah Masakan? Ini 8 Manfaat Serai, Bisa Mengatasi Jerawat

Serai hanya untuk Rempah Masakan? Ini 8 Manfaat Serai, Bisa Mengatasi Jerawat

Selain bumbu masak, serai juga bisa mengatasi masalah jerawat--

3. Mencegah kenaikan kolesterol

Khasiat akar serai membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). 

Bahkan, peneliti menduga manfaat ini berasal dari senyawa saponin, sterol, dan fenolik yang bisa menurunkan kadar lemak di dalam darah berlebih.

BACA JUGA:Penuh Gejolak, Ini Prediksi Keuangan hingga Karier Shio Monyet di Tahun Kelinci 2023

4. Mengobati insomnia

Khasiat serei selanjutnya yakni dapat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur dan bantu mengobati insomnia.

Jadi, dengan menghirup minyak esensial pada serai mengandung senyawa geraniol dan linalool yang bisa mengaktifkan gelombang alfa. 

Bahkan hal tersebut dapat membuat Anda rileks, memejamkan mata lebih cepat, dan terasa kantuk. Hal ini dijelaskan dalam studi terbitan Bali Medical Journal (2022).

5. Membantu penurunan berat badan

Manfaat dari serai selanjutnya yakni dapat  membantu penurunan berat badan. Bukan tanpa alasan, sebab daun ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang penting dalam upaya menurunkan berat badan. 

Bukan hanya itu saja, tanaman ini juga mengandung senyawa polifenol dan kafein yang dapat meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak.

6. Melindungi kesehatan jantung

Serai juga dapat melindungi kesehatan jantung. Sebab, tanaman ini bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi, yang merupakan musuh bagi jantung. 

Bukan hanya itu saja, daun sereh mengandung quercetin, flavonoid yang terkenal memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang melindungi kesehatan jantung. 

7. Mengatasi bekas jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: