Iklan dempo dalam berita

Begini Anjuran Nabi Muhammad untuk Bangun Rumah, Termasuk Pengaturan Toilet

Begini Anjuran Nabi Muhammad untuk Bangun Rumah, Termasuk Pengaturan Toilet

Anjuran Nabi Muhammad dalam membangun rumah--

3. Jangan Pajang Lukisan

Selain itu, desain interior rumah biasanya memiliki hiasan dinding berupa gambar, foto, dan lukisan. Namun bentuk lukisan yang umum digunakan adalah lukisan makhluk seperti hewan dan tumbuhan, hewan dan manusia. 

Namun tak banyak diketahui, ternyata lukisan yang sifatnya bernyawa tidak diperbolehkan. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Di mata Allah, orang yang menerima hukuman paling berat di hari kebangkitan adalah para juru gambar." (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Tidak Sholat Apalagi Baca Quran, Namun Rezekinya Banyak, Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Selain itu, Rasulullah SAW juga melarang dalam hadits: "Kecuali jika Anda terluka, jangan biarkan gambar makhluk itu muncul, kecuali Anda meratakannya ke tanah, jangan biarkan kuburan naik." (HR. Muslim).

4. Hindari Patung

Kemudian yang tak kalah penting, adalah terkait patung yang sering di pajang di ruang tamu sebagai daya tarik khiasan rumah. Ternyata dalam Islam, itu dilarang penggunaan patung sebagai desain atau dekorasi rumah. Alasannya, patung bisa menjadi tempat tinggal jin serta ditakutkan menjadi barang yang dipuja.

Apalagi dalam hadits Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya, malaikat tidak akan masuk suatu rumah yang di dalamnya ada patung."

5. Warna Kesukaan Nabi

Tak kalah penting, direkomendasikan juga untuk mendesain rumah Islami agar memilih ornamen yang disukai Rasulullah SAW. Dalam beberapa riwayat Rasulullah SAW menyukai warna putih dan hijau.

BACA JUGA:Mesin Mobil Susah Dinyalakan di Pagi Hari? Segera Cek 5 Komponen Ini

Salah satu hadist juga meriwayatkan Dari Ibnu Abbas RA. Rasulullah bersabda "Hendaklah kalian memakai pakaian putih semasa hidup kalian, dan kafanilah yang mati di antara kalian dengannya (warna putih), sebaik-baik pakaian kami adalah warna putih." 

Selain itu, an-Nasai meriwayatkan: "Rasulullah pernah menemui kami dalam keadaan memakai dua pakaian (atas dan bawah) yang berwarna hijau."

Di QS. Ar-Rahman: 64 disebutkan warna surga adalah hijau. Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengaplikasikan warna-warna ini pada rumah kita untuk desain rumah Islami.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: