Iklan dempo dalam berita

Hati-hati, Sering Haus Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius hingga Mengancam Nyawa

Hati-hati, Sering Haus Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius hingga Mengancam Nyawa

Segera periksa ke dokter jika Anda sering merasa haus--

Jadi, ketika kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu tinggi, hal ini dapat membuat ginjal perlu memproduksi lebih banyak urine untuk membantu mengeluarkan glukosa dari tubuh. Efeknya, penderita diabetes akan merasa haus terus.

BACA JUGA:Bukan hanya Mistis, Kucing Hitam Justru Pembawa Keberuntungan dan Kemakmuran

Bukan hanya menimbulkan rasa haus, diabetes juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala lain, seperti luka yang sulit sembuh, sering kelelahan, cepat lapar, serta sering buang air kecil.

Sementara itu, pada ibu hamil juga harus mewaspadai keluhan sering haus. Sebab ini bisa menjadi pertanda dari penyakit diabetes gestasional, yaitu diabetes pada ibu hamil.

2. Diabetes insipidus

Selanjutnya yakni memicu terjadinya diabetes insipidus. 

Pasien yang mengalami penyakit ini akan menghasilkan urine dalam jumlah berlebihan sehingga akan lebih sering merasa haus.

Diabetes insipidus tidak berhubungan dengan diabetes melitus, karena diabetes insipidus disebabkan oleh gangguan pada hormon antidiuretik (ADH) atau vasopressin yang mengatur kadar cairan dalam tubuh. 

BACA JUGA:Menurut Feng Shui, 5 Tanaman Hias Berikut Pembawa Rezeki, Kamu Punya Salah Satu?

3. Ketoasidosis diabetik

Kemudian tak kalah berbahaya, yakni terjadi ketoasidosis diabetik yang merupakan komplikasi diabetes yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa.

Sebab, tubuh kekurangan insulin, glukosa di dalam darah tidak dapat digunakan dan sulit terkontrol, sehingga tubuh akan memecah jaringan lemak sebagai sumber energi pengganti glukosa. Hal ini akan mengakibatkan penumpukan zat keton di dalam tubuh yang berbahaya.

Ketoasidosis diabetik sering terjadi pada penderita diabetes tipe 1, dan terkadang pada diabetes tipe 2. 

Bukan hanya haus, keluhan lain pada ketoasidosis diabetik adalah sering buang air kecil, merasa sangat lelah, nyeri pada perut bagian atas, napas berat dan sesak, bahkan koma.

BACA JUGA:Mau Tahu Kenapa Banyak yang Pilih Air Mineral pH Tinggi? Ini Lho Manfaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: