Iklan dempo dalam berita

Main Handphone saat Hujan Petir, Gak Bahaya tah? Begini Fakta dan Penjelasannya

Main Handphone saat Hujan Petir, Gak Bahaya tah? Begini Fakta dan Penjelasannya

Main handphone saat hujan petir, bahaya tidak ?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Selama ini banyak yang beranggapan jika bermain handphone saat hujan petir maka akan ikut tersambar petir. Namun faktanya tidak demikian.

Dikutip dari portal kominfo dijelaskan, para ahli dari National Weather Service mengatakan menggunakan smartphone ketika ada petir sama sekali tidak memiliki hubungan dan pengaruh. 

Spesialis keselamatan kilat National Weather Service, John Jensenius mengatakan petir tidak bisa menyambar melalui smartphone dan hanya bisa melalui kabel dan pagar saja. Dikutip dari  jurnal yang dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menjelaskan ada tiga faktor utama yang mempengaruhi lokasi tempat petir akan menyerang. 

BACA JUGA:Cek Tabel Angsuran KUR Mandiri Plafon Pinjaman Rp100 Juta, Bayar Mulai Rp1 Jutaan per Bulan

Pertama, soal ketinggian. Kedua merujuk pada bentuk runcing. Ketiga soal isolasi yang menjadi faktor dominan sambaran petir. Sehingga hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi serta memastikan diri berlindung di tempat yang aman. 

Melansir dari National Weather Service, disebutkan bahwa menggunakan ponsel ketika ada hujan mengakibatkan tersambar petir tidak ada hubungannya. 

Faktanya, ketika hujan deras banyak dari kita yang justru berteduh di dalam ruangan, di bawah gedung atau objek yang lebih tinggi. Nah, sementara petir lebih memilih objek yang tinggi untuk disambar.

BACA JUGA:KUR Mandiri Rp150 Juta Angsuran Mulai Rp2 Jutaan, Cek Syarat dan Cara Pengajuan

Menurut spesialis keselamatan petir untuk Layanan Cuaca Nasional, John Jensenius, hal pertama yang harus dipahami adalah tidak ada yang benar-benar menarik petir, tapi petir memang mengikuti kabel dan pagar dan hal-hal semacam itu.

"Jadi, jika Anda menggunakan ponsel, Anda tidak lebih mungkin tersambar petir daripada saat Anda tidak menggunakan ponsel itu," kata John.

"Kuncinya adalah, Anda ingin berada di tempat yang aman sehingga Anda tidak tersambar petir baik Anda membawa ponsel atau tidak. Tempat Anda berada yang lebih menjadi perhatian daripada yang lainnya. Jika Anda berada di dekat menara ponsel, itu buruk karena petir akan datang dan menghantam menara ponsel," kata Ahli Meteorologi Senior AccuWeather Dan Kottlowski.

Penting untuk pergi ke tempat berlindung yang tertutup seperti mobil atau bangunan, kata Kottlowski.

BACA JUGA:Berikut Kerusakan Paling Sering Terjadi pada Handphone dan Cara Mencegahnya

Meskipun rumah Anda adalah tempat berlindung yang aman selama hujan dan petir, Anda mungkin masih berisiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: