Iklan dempo dalam berita

Kemunculan Hewan Ini Sangat Ditakutkan, Jika Dia Muncul Berarti Dunia akan Berakhir

Kemunculan Hewan Ini Sangat Ditakutkan, Jika Dia Muncul Berarti Dunia akan Berakhir

Hewan dabbah yang menjadi salah satu tanda kiamat--

BACA JUGA:Pembiayaan KUR Kecil BCA Plafon Rp100 Juta, Pedoman Lengkap Agar Pengajuan Bisa Tembus

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya, “Sesungguhnya tanda-tanda (kiamat) yang pertama kali muncul adalah terbitnya matahari dari barat dan keluarnya binatang kepada manusia pada waktu Duha. Mana saja yang lebih dahulu muncul, maka yang satunya akan terjadi setelahnya dalam waktu yang dekat." (HR. Muslim).

Ketika dabbah sudah keluar, disebutkan bahwa hewan ini akan berbicara dengan manusia. Konon, dabbah nantinya akan memberikan tanda pembeda antara orang yang beriman dan yang musyrik.

Disebutkan pula bahwa awal kemunculan dabbah yaitu dari Makkah yakni di masjid yang paling mulia. Sebagaimana hadis yang telah diriwayatkan oleh Majma'uz Zawaid Vii/7-8, dari Hudzaifah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA:Kesulitan Bayar Cicilan KUR BRI? Ini Solusi Tepat yang Bisa Kamu Lakukan, Dijamin Bisa Pinjam Lagi

"Dabbah akan keluar dari masjid yang paling besar, tatkala mereka (sedang duduk-duduk tiba-tiba bumi bergetar) ketika mereka sedang demikian tiba-tiba bumi terbelah."

Munculnya Dabbah di Sini

Mahir Ahmad Ash-Syufiy dalam bukunya yang berjudul Tanda Kiamat Besar menjelaskan beberapa hadits yang menjelaskan tempat munculnya dabbah.

Hudzaifah dan Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Kemudian ketika orang-orang tengah berada di masjid yang paling agung dan mulia di sisi Allah, yakni Masjidil Haram, Ad-Dabbah tidak membiarkan seorang pun di antara mereka seraya bersuara seperti unta di antara Rukun dan Maqam, sementara itu tanah jatuh bercucuran dari kepalanya. Melihatnya, sebagian besar orang serempak kocar-kacir melarikan diri darinya ..." (HR Hudzaifah)

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwa Ad-Dabbah muncul dari salah satu lembah Tuhamah.

BACA JUGA:Ramalan Kalender Jawa 8 Oktober 2023, Simak Jam Baik pada Minggu Pahing

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Ibnu Amr, Ibnu Umar, dan Aisyah r.a. bahwa Ad-Dabbah muncul di Ajyad, yakni di Makkah.

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW memperlihatkan kepadanya tempat Ad-Dabbah kelak akan keluar, yakni Qibal Asy-Syaqq yang ada di bukit Shafa.

Namun, terkait kapan dabbah akan muncul dan berapa lama ia tinggal di bumi, tidak ditemukan penjelasannya dalam dalil Al-Qur'an maupun hadits.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: