Iklan dempo dalam berita

Begini Cara Memilih Beras yang Baik dan Sehat, Selain Bau Cek juga Ciri Berikut

Begini Cara Memilih Beras yang Baik dan Sehat, Selain Bau Cek juga Ciri Berikut

Cara memilih beras yang sehat dan aman dikonsumsi--

BACA JUGA:Mudah Ditemukan Tanpa Efek Samping, Ini 5 Tanaman Obat Asam Urat

 

1. Baunya Apek

Sebagaimana diketahui, beras punya bau yang khas. Meski tidak harum, bau khas pada beras tidak mengganggu ketika dicium.

Salah satu ciri beras tidak layak pakai adalah yang mengeluarkan bau apek. Bau apek bisa jadi muncul karena beras sebelumnya disimpan dengan cara yang salah. Atau bisa jadi beras sudah mulai berjamur.

 

2. Warnanya Terlalu Putih

Warna beras yang normal adalah putih tulang dengan sedikit kilap. Anda harus berhati-hati kalau melihat warna beras yang terlalu putih.

Sebab, bisa jadi beras tersebut sudah dicampur dengan pemutih. Banyak pedagang nakal yang memutihkan beras supaya terlihat lebih menarik.

Padahal pemutih beras bisa sebabkan banyak penyakit berbahaya. Salah satunya adalah kanker. Untuk itu, jangan tergiur beras yang warnanya terlalu putih.

BACA JUGA:Libur Nasional Tersisa Sedikit, Ini Jadwal Libur dan Cuti Bersama Tahun 2024

 

3. Mudah Remuk saat Dipegang

Beras yang mudah remuk saat dipegang bisa jadi sudah tidak layak konsumsi. Biasanya, beras yang sudah seperti ini sudah rapuh dan hampir busuk.

Beras yang rapuh dan busuk lama-kelamaan bisa jadi bubuk-bubuk halus jika diremas. Beras dengan kondisi ini biasanya sudah tidak mengandung nutrisi yang utuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: