Iklan dempo dalam berita

Azab Orang Suka Merampas Tanah, Saat Kiamat akan Dikalungi dan Ditenggelamkan Sampai ke Dasar Bumi

Azab Orang Suka Merampas Tanah, Saat Kiamat akan Dikalungi dan Ditenggelamkan Sampai ke Dasar Bumi

Azab bagi pelaku perampasan tanah--

Dijelaskan dalam jurnal Al-Hikmah Volume 14 Nomor 1 tahun 2013 dengan judul Tamak dalam Perspektif Hadits susunan Muhyiddin Tahir, sifat tamak tidak disukai oleh Allah. Tamak sama dengan serakah yang berarti berlebih-lebihan dalam mencari harta. Dalam surat Al Adiyat ayat 8, Allah SWT berfirman:

 

وَإِنَّهُۥ لِحُبِّ ٱلْخَيْرِ لَشَدِيدٌ

 

Arab latin: Wa innahụ liḥubbil-khairi lasyadīd

Artinya: "Dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta,"

Azab yang diganjar bagi pelaku sifat tamak ialah dicabutnya keberkahan hidup. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Imam Bukhari.

BACA JUGA:Apa Itu Virus Nipah? Berikut Kenali Gejala dan Cara Pencegahanya

“Dari Abdan dari Abdullah dari Yúnus dari al-Zuhri dari Urwah ibn Zubair dan Said bin Musayyab bahwa Hákim ibn Hizám berkata saya meminta kepada Rasulullah SAW, lalu dia memberikan kepadaku, kemudian saya meminta lagi, lalu dia (Rasulullah) memberikan lagi, lalu saya meminta (yang ketiga kalinya) lalu dia memberiku lagi, kemudian dia bersabda ya Hakim, sesungguhnya harta ini adalah tanaman yang hijau Dan barang siapa yang mengambilnya dengan kedermawanan dan barang siapa yang mengambilnya dengan jiwa yang berlebih-lebihan tidak akan diberkahi oleh Allah SWT seperti orang yang makan tetapi tidak kenyang, tangan di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Dan Hakim berkata wahai Rasulullah demi kamu yang diutus dengan benar. Saya tidak akan meminta setelah kamu sampai saya meninggalkan dunia. Dan hal itu terjadi sampai pemerintahan umar dia tidak meminta setelah Rasulullah sampai meninggal dunia," (HR Bukhari).

Makna dari hilangnya keberkahan pada hadits di atas ialah dicabutnya rasa cukup dalam hati seseorang. Karenanya, mereka yang tamak terus merasa kurang dengan harta yang dimiliki.

Selain itu, azab lainnya yang diberikan bagi pemilik sifat tamak adalah dicabutnya ketenangan hidup. Diriwayatkan oleh Imam Ibnul Qayyim dalam kitab Ighatsatul Lahfan dikatakan,

“Pecinta dunia tidak akan terlepas dari tiga hal: (1) Kesedihan (kegelisahan) yang terus-menerus, (2) Kecapekan (kelelahan) yang tidak pernah berhenti,"

BACA JUGA:Pekerjaan Anda Masih Mendingan, Ini 10 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Paling Tinggi

Cinta akan dunia merupakan fitrah manusia, namun Islam tetap membatasi khususnya dalam hal mencari harta. Karena itu, kaum muslimin dianjurkan memiliki sifat qanaah atau merasa cukup.

Sementara itu, dalam buku Pendidikan Agama Islam oleh Drs H Thoyib Sah Saputra M Pd, dikatakan tamak dapat membuat manusia menjadi hina. Bahkan, sifat tamak digambarkan seperti orang haus yang hendak meminum air laut, semakin banyak ia minum, semakin bertambah rasa dahaganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: