Iklan dempo dalam berita

Dinas Pertanian Mukomuko Dapat DAK Rp 100 Miliar, Ini Kegunaannya

Dinas Pertanian Mukomuko Dapat DAK Rp 100 Miliar, Ini Kegunaannya

Dinas Pertanian Mukomuko dapat DAK Rp 100 miliar--

"Selain DAK, tahun ini kita juga mendapat bagian dari dana bagi hasil sebagai daerah yang tercatat sebagai penghasil CPO terbesar di Provinsi Bengkulu," pungkas M Rizon.

 

Pemanfaatan dana bagi hasil sawit ini nantinya akan dibagi pengelolaannya di tiga dinas, yakni Dinas Pertanian, PUPR, dan Dinas Lingkungan Hidup.

 

Dana Alokasi Khusus (DAK) adalah alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintahan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. DAK termasuk di dalam Dana Perimbangan, di samping Dana Alokasi Umum (DAU). 

BACA JUGA:Simposium Surat Ulu, Bupati Seluma Segera Canangkan Perda Surat Ulu

Dana Alokasi Khusus dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu 

Dana Alokasi Khusus Fisik

Petunjuk teknis pengelolaan DAK Fisik diatur dalam Perpres No. 141 tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik. 

 

Dana Alokasi Khusus Non Fisik

Petunjuk teknis pengelolaan DAK Non Fisik diatur dalam Permenkeu No. 48/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Non Fisik.

 

Untuk mekanisme pengelolaan DAK, program yang menjadi prioritas nasional dimuat dalam Rencana Kerja Pemerintah tahun anggaran bersangkutan. Menteri teknis mengusulkan kegiatan khusus yang akan didanai dari DAK dan ditetapkan setelah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah dimaksud. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: