Iklan dempo dalam berita

5 Kota di Indonesia Ini Usianya Sudah Ribuan Tahun, Juaranya Ternyata Tetangga Bengkulu dan Padang

5 Kota di Indonesia Ini Usianya Sudah Ribuan Tahun, Juaranya Ternyata Tetangga Bengkulu dan Padang

Banda Aceh salah satu kota tertua di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi bermanfaat buat kita semua. Indonesia terkenal dengan multikulturalnya yang memiliki sejarah panjang hingga bisa seperti sekarang ini.

Dahulu masih berbentuk kerajaan-kerajaan, mulai dari pra sejarah, peradaban hindu-budha, kesultanan Islam nusantara, kolonialisme, penjajahan sampai ke kemerdekaan.

Banyak jejak sejarah yang tertinggal menjadi saksi bisu atas peristiwa besar yang terjadi di masa lampau. Bisa melalui prasasti, kitab, manuskrip kuno, bahkan kota-kota dengan jejak sejarahnya masing-masing. Nah, berikut ini 5 kota tertua di Indonesia yang belum banyak diketahui.

1. Banda Aceh 

Banda Aceh merupakan ibukota dari kesultanan Aceh Darussalam, yang berdiri pada tanggal 12 April 1205 M. Yang berarti sekarang Aceh berusia 817 tahun.

BACA JUGA:7 Wanita Suku Pedalaman yang Disegani Karena Sakti, 3 Masih Hidup Diantaranya Pawang Hujan

Aceh yang disebut juga dengan Serambi Mekah menjadi pusat pemerintahan kerajaan Indrapurba dan Indrapurwa. Destinasi wilayah dan spot fotogenik yang terkenal dari Banda Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman.

2. Magelang 

Magelang merupakan kota kecil yang terletak di Jawa Tengah. Tepat berdirinya salah satu candi Budha termegah di dunia. Menurut catatan sejarah, Kota Magelang berdiri sejak 11 April 907 M. Kini berusia 1.115 tahun.

Magelang kini tumbuh menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali dan memiliki destinasi wisata yang banyak. Seperti Candi Borobudur, Candi Mendut, hutan pinus Kragilan, gereja Ayam Magelang dan masih banyak lagi.

3. Kediri 

Banyak yang bilang kota ini adalah parasnya Jawa Timur, karena ada sebuah bangunan yang mirip sekali dengan monumen Arc De Triomphe Paris. Bangunan ini adalah Monumen Simpang Lima Gumul yang selalu menjadi sport fotogenik favorit.

Bisa foto seperti di Paris tanpa pergi jauh-jauh. Selain itu terdapat beberapa Spot photogenic lain yang terkenal di Kediri seperti Air Terjun Dolo, Candi Surawana, Museum Fotografi, Masjid Agung Kediri, Gua Selomangleng, dan masih banyak lagi.

Kota Kediri lahir pada tanggal 27 Juli 879 M yang ditulis dalam sebuah artefak arkeologi yang berarti sekarang berusia 1.143 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: