Iklan dempo dalam berita

Mata Manusia Bisa Berkedip 20.000 Kali Sehari, Kenapa Kita Jarang Menyadarinya? Ini Ulasannya

Mata Manusia Bisa Berkedip 20.000 Kali Sehari, Kenapa Kita Jarang Menyadarinya? Ini Ulasannya

Dalam satu hari, mata manusia bisa berkedip hingga 20 ribu kali--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berkedip memang merupakan insting alami manusia. Hal inilah yang membuat mata terus berkedip sepanjang hari. Namun sering kali kita tidak menyadari ketika sedang berkedip. Lantas berapa kali manusia bisa berkedip dalam sehari sampai terkadang kita tidak menyadarinya. 

Kebanyakan orang akan berkedip sekitar 15-20 kali setiap menitnya. Ini artinya dalam sehari manusia bisa berkedip lebih dari 20.000 kali. Jumlah ini tergantung juga pada waktu seseorang bangun dan tidur.

Jumlah kedipan mata manusia:

• 900-1.200 kali per jam 

• 14.400 – 20.000 kali sehari 

• 100.800 - 134.400 kali seminggu 

• Antara 5,2 dan 7,1 juta kali setahun

Hal ini karena saat tidur mata kita akan tertutup sepenuhnya, tidak berkedip seperti saat masih bangun. Kedipan ini jarang disadari manusia karena ternyata kedipan hanya berlangsung antara 0,1 hingga 0,4 detik.

BACA JUGA:Manusia Bernapas Berapa Kali Dalam Sehari? Ternyata Jumlahnya Bikin Melongo

Sebagai informasi, 30 persen neuron di otak kita mengarahkan indera penglihatan, jauh lebih banyak dari indra penyentuh yang hanya 8 persen.

Lalu mengapa tetap tidak sadar sedang berkedip? Ketidaksadaran ini timbul karena berkedip merupakan respon yang tidak disengaja. 

Berkedip menjadi penting karena bermanfaat untuk membersihkan partikel kotor dari mata. 

Inilah mengapa, mata kita akan secara otomatis berkedip ketika ada debu kotoran maupun serangga kecil yang masuk. Selain itu, berkedip juga bermanfaat untuk menjaga mata agar tetap lembap dan bebas dari infeksi bakteri.

Berkedip sangat penting untuk kesehatan mata. Ini akan membantu mata tetap lembab dan teroksigenasi dan membersihkan kotoran dari mata kamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: