Iklan dempo dalam berita

Sejak 1 Januari, Provinsi Ini Paling Banyak Mengalami Bencana Alam

Sejak 1 Januari, Provinsi Ini Paling Banyak Mengalami Bencana Alam

Data jumlah bencana alam di Indonesia sejak 1 Januari--

 

Sudah 696 Kejadian Gempa Bumi

 

Terpisah Kepala BMKG Stasiun Geofisika Gunungsitoli Buha M. Simanjuntak mengatakan, semester I tahun 2023, jumlah gempa yang tercatat yakni sebanyak 696 kejadian.

 

Dari jumlah tersebut diungkapkannya hanya 14 gempa yang dirasakan oleh masyarakat di kepulauan Nias namun tidak menyebabkan kerusakan.

 

Dikatakannya gempa dengan magnitudo terbesar yang dirasakan pada tahun 2023 yakni tanggal 3 April 2023 dengan kekuatan 6.4 SR berlokasi di 93 km arah Barat Daya Padang Sidempuan Sumatera Utara.

 

Ia mengatakan jumlah gempa di semester I tahun 2023 ini sama dengan tahun 2022 yang lalu.

 

“Untuk jumlah kejadiannya sepertinya sama dengan tahun 2022 dan juga yang dirasakan juga hampir sama. Jadi sepertinya aktivitas gempa bumi di wilayah kepulauan Nias ini masih aktif. Pada umumnya gempa yang terjadi adalah gempa tektonik yang disebabkan oleh pergerakan lempeng,” ucap Buha.

 

Untuk diketahui jumlah gempa yang tercatat di BMKG Stasiun Geofisika Gunungsitoli tahun 2022 yang lalu yakni sebanyak 1.328 gempa dengan jumlah yang dirasakan 44 kejadian. Tercatat gempa dengan kekuatan lebih dari 5 SR berjumlah 17 kejadian.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: