Iklan dempo dalam berita

Kemarau Panjang Pernah Melanda Indonesia, Ratusan Ribu Hektare Sawah Kering dan Banyak Kebakaran Hutan

Kemarau Panjang Pernah Melanda Indonesia, Ratusan Ribu Hektare Sawah Kering dan Banyak Kebakaran Hutan

Kemarau Panjang Pernah Melanda Indonesia, Ratusan Ribu Hektare Sawah Kering dan Banyak Kebakaran Hutan --

Ini cerita kemarau dahsyat yang pernah melanda RI:

 

1. Tahun 2019

 

Indonesia mengalami kekeringan parah adalah pada 2019. Saat itu, merujuk data pemerintah, 48.491.666 juta jiwa terdampak kekeringan di 28 provinsi.

Merujuk data BMKG, musim kemarau yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia terjadi mulai Juli hingga Oktober 2019.

BMKG juga menyatakan kekeringan ini turut dipicu El Nino yang aktif dari September 2018 hingga Juli 2019 di Samudera Pasifik ekuator bagian tengah. Kemudian diikuti oleh fenomena IOD+ yang menguat sejak April 2019.

 

BACA JUGA:Kekeringan Dampak El Nino Makin Meluas, Ini Daftar Wilayah yang Terdampak di Indonesia

 

Selain itu, kekeringan tahun 2019 cukup parah karena lebih dinginnya suhu permukaan laut di wilayah Indonesia terutama bagian selatan kurang dari 0.5°C dari kondisi normalnya pada periode Juni-November 2019.

Suhu permukaan laut yang lebih dingin menyebabkan sulitnya pertumbuhan awan yang berpotensi hujan akibat kurangnya kadar uap air di atmosfer akibat rendahnya penguapan dari lautan.

Kekeringan meteorologis juga ditunjukkan oleh periode tanpa hujan lebih dari tiga bulan yang cukup merata di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian besar Jawa.

Panjang musim kemarau 2019 di Indonesia cenderung lebih panjang dari normalnya. Pada tahun 2019, sekitar 46 persen dari 342 Zona Musim di Indonesia mengalami panjang musim kemarau sama hingga lebih panjang 6 dasarian (dua bulan) dari normalnya.

Salah satu dampak kekeringan dahsyat ini adalah memburuknya kualitas udara lingkungan akibat kebakaran hutan dan lahan pada Agustus hingga Oktober 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: