Iklan dempo dalam berita

Bulan September Sudah Turun Hujan? Berikut Perkiraan BMKG

Bulan September Sudah Turun Hujan? Berikut Perkiraan BMKG

Prediksi BMKG kemungkinan hujan di Bulan September--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Hampir di seluruh wilayah Indonesia sedang mengalami cuaca panas. Saat siang hari, cuaca begitu terik. Sementara pada malam hari, suhu terasa lebih dingin.

 

Dengan kondisi cuaca seperti sekarang, masyarakat berharap segera turun hujan. Lalu bagaimana perkiraan BMKG?

 

Dalam bulan September ini tetap ada peluang hujan. Namun menurut BMKG masih sangat rendah. Dengan kategori hujan ringan hingga sedang, hujan kemungkinan turun pada Bulan September hingga November nanti.

BACA JUGA:Tidak Seperti Biasanya, Sekarang Suhu di Malam Hari Terasa Lebih Dingin, Ternyata Ini Sebabnya

 

Kondisi cuaca panas sekarang ini merupakan dampak dari El Nino yang terjadi sejak Juni dan terus meningkat. Data terbaru BMKB, kondisi El Nino sekarang sudah mencapai level moderat, dengan Southern Oscillation Index (SOI) mencapai -9,5, dan Indeks NINO 3.4 +1.27.

 

kondisi ini juga diperkuat dengan fenomena serupa dari Samudera Hindia, Ocean Indian Dipole (IOD), yang makin positif dengan Dipole Mode Index +1.05.

 

Karena pengaruh El Nino masih akan terasa, masyarakat Indonesia diminta waspada. Lantaran di beberapa wilayah diperkirakan baru akan memasuki puncak kemarau. 

 

Perkiraan BMKG,  beberapa wilayah akan mengalami curah hujan bulanan dengan kategori rendah (0 - 100 mm/bulan) pada bulan Agustus hingga Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: