Iklan dempo dalam berita

Sholat Jenazah Tidak Ada Rukuk dan Sujud Kenapa? Ini Penjelasannya

Sholat Jenazah Tidak Ada Rukuk dan Sujud Kenapa? Ini Penjelasannya

Penjelasan sholat jenazah tanpa rukuk dan sujud--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi penting buat kita semua. Karena semua kita pasti akan mengalaminya. Salah satu hal yang membedakan sholat jenazah dengan sholat pada umumnya adalah pengamalan yang tidak disertai dengan gerakan rukuk dan sujud. 

Sholat jenazah adalah bentuk doa dari orang yang masih hidup untuk orang yang sudah meninggal agar mendapat ampunan di sisi Allah SWT. Hal ini berbeda dengan tujuan sholat fardhu yang dimaksudkan untuk bertaqarub dan berdzikir.

 

Menurut ijma' ulama yang dilansir dari Prof Wahbah Az Zuhaili dalam Terjemah Fiqhul Islam wa Adillathuhu Juz 2 hukum pengerjaan sholat jenazah adalah fardhu kifayah. Dengan kata lain, kewajiban mengamalkannya menjadi gugur setelah ada sebagian muslim yang mengerjakannya.

“Menyolati mayat selain mati syahid adalah fardhu kifayah atas orang-orang yang masih hidup, seperti halnya prosesi mayat, pemandian, mengkafani, dan mengubutkan mayat," tulis Prof Wahbah Az Zuhaili.

Kewajiban sholat jenazah menjadi sunnah setelah ada sebagian orang yang mengerjakannya. Sebaliknya, jika tidak ada yang mengerjakan, maka sholat jenazah wajib ditunaikan dan berdosa jika tak dikerjakan.

Kewajiban untuk melaksanakan sholat jenazah ini merujuk pada sabda Rasulullah SAW. 

BACA JUGA:Hati-hati, Kata Gus Baha Baca Sholawat Seperti Ini Bukannya Dapat Pahala malah Menambah Dosa

 

Diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah RA yang berkata:

 

أنَّ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ كان يُؤتى بالرجلِ الميتِ ، عليه الدين . فيسأل ( هل ترك لدَينه من قضاءٍ ؟ ) فإن حدث أنه ترك وفاءً صلَّى عليه . وإلا قال ( صلُّوا على صاحبِكم)

 

Artinya: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: