Iklan dempo dalam berita

Obat Sirup Dilarang Edar Masih Ditemukan di Sejumlah Apotek

Obat Sirup Dilarang Edar Masih Ditemukan di Sejumlah Apotek

RbtvCamkoha - Tim pengawasan obat-obatan dari Dinkes Kabupaten Seluma, Selasa pagi (25/10) melaksanakan pengawasan obat ke sejumlah apotek yang ada di pusat Ibukota Kabupaten Seluma.

Sidak ini dilakukan dengan melibatkan Polres Seluma, dalam menindaklanjuti Surat Edaran Kemenkes Nomor : SR .01.05/III/3461/2022 tanggal 18 Oktober 2022, perihal kewajiban penyelidikan epidemiologi dan pelaporan kasus gangguan ginjal akut atipikal.

Dalam kegiatan ini, petugas mendapati 253 botol obat sirup yang dilarang edar seperti merek Unibabi Cough dan Termorex di sejumlah apotek yang ada di Pusat Kota Tais.

Kapolres Seluma AKBP. Darmawan Dwi Haryanto menegaskan Tim Pengawasan dari Dinkes Kabupaten Seluma telah mengimbau kepada pemilik apotek, untuk memisahkan obat tersebut dan tidak memperjualbelikan sampai dengan adanya Surat Edaran kembali yang dikeluarkan dari Kemenkes RI.

\"Iya kita bersama tim pengawas obat-obatan dari Dinkes Kabupaten tadi melakukan pengecekan ke sejumlah apotek yang ada di Pusat Kota Tais, dan didapati ratusan obat sirup yang terkontaminasi dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG),\" tegas AKBP. Darmawan Dwi Haryanto.

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: