Iklan dempo dalam berita

Apa Saja Mitos Keramat Larangan Saat Malam Satu Suro? Dipercaya Bisa Bawa Sial

Apa Saja Mitos Keramat Larangan Saat Malam Satu Suro? Dipercaya Bisa Bawa Sial

Apa Saja Mitos Keramat Larangan Saat Malam Satu Suro? Dipercaya Bisa Bawa Sial--

BACA JUGA:4 Weton Berikut Katanya Dilarang Keluar Rumah Pada Malam 1 Suro, Demi Terhindar dari Bahaya

 

Lalu, menurut situs Kemendikbud RI, satu Suro adalah awal bulan pertama Tahun Baru Jawa di bulan Suro. penanggalan pada Tahun Baru Jawa di bulan Suro ini mengacu pada kalender Jawa. Malam satu Suro adalah malam pertanda awal bulan pertama dalam kalender Jawa.

 

Menurut Solikhin dalam bukunya berjudul Misteri Bulan Suro: Perspektif Islam Jawa menjelaskan bahwa Suro adalah bulan Muharram dalam masyarakat Jawa. kata tersebut berasal dari bahasa arab Asyura, yang berarti sepuluh, yakni hari ke-10 bulan Muharram.

 

Arti Malam Satu Suro?

 

Malam satu Suro diperingati pada malam hari setelah waktu maghrib sebelum tanggal satu Suro. Pada kalender Jawa, pergantian hari dimulai pada saat terbenamnya matahari pada hari sebelumnya, bukan pada tengah malam seperti pergantian hari dalam kalender masehi.

 

Malam satu Suro juga diperingati dengan berbagai perayaan dan tradisi. Malam satu Suro dianggap sangat penting dan berhubungan langsung dengan siklus kehidupan, ritual, perhitungan, dan lainnya.

 

Masyarakat Jawa juga menyebut malam satu Suro sebagai Suroan, artinya melakukan kegiatan pada bulan Suro. satu Suro dan malam satu Suro dianggap hari yang sakral hingga masih dipertahankan sampai saat ini. Tradisi perayaan malam satu Suro juga dipercaya dapat membawa berkah bagi masyarakat.

 

BACA JUGA:5 Mitos Malam 1 Suro, Nyi Roro Kidul Keluar dari Laut dan Pintu Gaib Terbuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: