Iklan dempo dalam berita

Dajjal Dijuluki Al-Masih Seperti Nabi Isa, Kenapa? Ini Perbedaan dan Alasannya

Dajjal Dijuluki Al-Masih Seperti Nabi Isa, Kenapa? Ini Perbedaan dan Alasannya

Dajjal sebagai salah satu tanda kiamat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi penting. Ternyata Dajjal memiliki julukan Al-Masih, sama halnya Nabi Isa As. Namun yang harus dipahami Al-Masih yang dimiliki Dajal berbeda dengan Al-Masih yang melekat pada Nabi Isa putra Maryam.

Dalam Syarah Hishnul Muslim karya Syaikh Majdi Abdul Wahab Al-Akhmad dan diterjemahkan oleh Abdul Rosyad Shiddiq disebutkan, kalimat "Al-Masih Dajjal". Disebut Al-Masih karena kebaikan telah dihapus darinya. Artinya dia adalah Al-Masih kesesatan.

Sementara pendapat lain mengatakan, Dajjal disebut Al-Masih karena dia hanya memiliki 1 mata yang dapat melihat. Dikatakan, hanya ada satu mata tanpa alis pada sebagian wajah Dajjal.

BACA JUGA:Bolehkah Seorang Istri Meminta Bercerai? Berikut Penjelasannya

Hal tersebut disebutkan dalam riwayat Abu Bakar bin Abu Syaibah dari Al-Filtan bin Ashim, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Adapun Masih Adh-Dhalalah (Al-Masih pembawa kesesatan: Dajjal) adalah seorang lelaki yang berdahi lebar, picak mata kirinya, lebar lubang hidungnya, (tubuhnya) agak bongkok." (HR Muslim dan dinilai shahih)

Selanjutnya, Syaikh Majdi Abdul Wahab Al-Akhmad turut mengungkapkan ada beberapa pendapat lain mengenai julukan Al-Masih pada Dajjal. Di antaranya, disebut Al-Masih (yang berarti menelusuri) karena ia akan membelah dan menelusuri bumi. Ada juga yang mengatakan Dajjal disebut Al-Masih (yaitu yang dihapus) karena ia adalah makhluk yang bentuknya sangat buruk karena kebaikannya telah dihapus.

Kedua pendapat tersebut untuk membedakan dengan Al-Masih pada Nabi Isa As.

Sementara Nabi Isa disebut Al-Masih karena setiap penyakit yang diusap oleh tangannya yang mengandung berkah pasti akan sembuh. Ada juga yang mengatakan, Al-Masih yang ada pada Nabi Isa berarti Ash-Shiddiq (yang sangat jujur).

BACA JUGA:Adab Seorang Istri ketika Suami Marah, Diantaranya Jangan Mengungkit Masa Lalu

Kemudian, Abdul Wahab Abdussalam Thawilah dalam Kitab Al-Masih Al-Muntazhar wa Nihayah Al-Alam mengatakan, penyebutan Al-Masih untuk Dajjal selalu diikuti dengan sifatnya.

“Kata 'Al-Masih' diungkapkan untuk Nabi Isa bin Maryam, tetapi digunakan juga untuk Dajjal. Jika disebutkan Al-Masih yang sesat, itulah Dajjal. Jadi penyebutan Al-Masih untuk Dajjal selalu diikuti dengan sifatnya," Abdul Wahab Abdussalam Thawilah seperti diterjemahkan oleh Subhanur.

 

Ini Sebab Al-Masih Pembohong Disematkan pada Dajjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: