Iklan dempo dalam berita

Terbaru, Ini Cara Membuat Sertifikat Tanah Juni 2023

Terbaru, Ini Cara Membuat Sertifikat Tanah Juni 2023

cara dan biaya pengajuan sertifikat tanah--

 

Nomor sertifikat untuk tanah menjadi satu identitas yang esensial, pasalnya permasalahan seputar keaslian sertifikat untuk tanah terutama sertifikat untuk tanah warisan yang kerap terjadi, umumnya disebabkan kecerobohan masyarakat sebelum proses transaksi berjalan. Untuk itu, si pemilik tanah harus paham betul bagaimana cara mengecek sertifikat BPN online.

BACA JUGA:5 Shio Ini Paling Bahagia Juni-Juli 2023, Soal Karir, Keuangan dan Asmara Lancar

Sebab seringkali permasalahan yang ada bukan mengenai proses hukum, tetapi kondisi fisik tanah yang beragam. Di Indonesia, terdapat beberapa kasus seputar sertifikat untuk tanah. Yang paling sering terjadi, ialah sertifikat bodong dan duplikasi sertifikat asli sehingga menyebabkan terjadinya sengketa tanah.

Sertifikat bodong terjadi apabila penjual berusaha untuk memanipulasi sertifikat yang akan dibelinya. Sedangkan kasus duplikasi sertifikat kerap terjadi ketika proses pengecekan berlangsung, ternyata lahan yang tercantum dalam sertifikat tidak ada.

Selanjutnya jika hanya ingin mengecek keaslian sertifikat untuk tanah yang Anda miliki, bisa langsung datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sesuai Pasal 34 PP No 24 Tahun 1997, BPN akan mengecek keaslian sertifikat untuk tanah berdasarkan peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur, dan buku tanah.

Waktu pengecekan keaslian sertifikat untuk tanah umumnya tidak lama. Bahkan dalam sehari saja, Anda sudah bisa mengetahui keaslian dari sertifikat tersebut. Jika menurut BPN aman, sertifikat tersebut akan dicap. Namun bila BPN menilai ada kejanggalan, biasanya akan diajukan plotting.

 

Demikian informasinya semoga bermanfaat.

(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: