Iklan dempo dalam berita

Ini 4 Pertanyaan di Padang Mahsyar, Jawaban Menentukan Surga atau Neraka

Ini 4 Pertanyaan di Padang Mahsyar, Jawaban Menentukan Surga atau Neraka

Ilustrasi padang mahsyar--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Apa yang dilakukan selama hidup di dunia akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat. Pada hari akhir ini manusia akan mendapatkan empat pertanyaan untuk mempertanggungjawabkan segala hal yang diperbuatnya.

Perkara-perkara yang akan ditanyakan pada hari kiamat telah disebutkan dalam hadis nabi. Rasulullah SAW bersabda:

Ketika manusia dibangunkan kembali setelah semesta tiada lalu dikumpulkan di Padang Mahsyar, ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan Allah SWT. 

BACA JUGA:Bagian Tubuh Kita yang Pertama Kali Bersaksi Kepada Allah SWT Saat Hari Hisab Ternyata Ini

Ustadz Azhar Khalid bin Seff, mengungkapkan, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan penentu amal timbangan manusia kelak. Akan menjadi penghuni surga atau neraka. 

 

Dalam riwayat yang dinukilkan Imam at-Tirmidzi dan Ibnu Hibban, Rasulullah SAW bersabda: 

 

   لَا تَزُوْلُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ أَرْبَعٍ عَنْ عُمُرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ جَسَدِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ مَاذَا عَمِلَ فِيْهِ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا أَنْفَقَهُ  

 

“Kedua kaki seorang hamba tidaklah beranjak dari tempat hisabnya pada hari kiamat hingga dia ditanya mengenai empat hal yaitu (1) umurnya, untuk apakah ia habiskan, (2) jasadnya, untuk apakah dia gunakan, (3) ilmunya, apakah telah dia amalkan, (4) hartanya, dari mana dia peroleh dan dalam hal apa dia belanjakan.” 

 

BACA JUGA:Manusia Seperti Ini Tidak akan Bertemu dengan Kiamat

Pertanyaan pertama yang akan diajukan Allah SWT, kata Ustadz Azhar adalah tentang usia. "Maksudnya di sini adalah kita gunakan untuk apa usia yang diberikan Allah SWT sewaktu di dunia. Lebih banyak beramal saleh atau sebaliknya," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: