Peluang Usaha di Desa Saat Corona yang Tidak Butuh Modal Banyak

Peluang Usaha di Desa Saat Corona yang Tidak Butuh Modal Banyak

Mungkin tidak banyak yang memprediksi bahwa wabah virus corona akan sejauh ini. Perekonomian mulai goyah sehingga tak sedikit perantau yang memutuskan untuk kembali ke kampung halaman. Mereka menganggap hidup di desa lebih baik daripada di ibu kota meski mendapatkan bantuan dari pemerintah. Di bawah ini ada beberapa peluang usaha di desa saat corona yang bisa dicoba sebagai sumber penghasilan.

Perlu diingat bahwa kehidupan terus berlanjut meski sudah tiba di desa. Bukan berarti berhenti mencari uang dan diam tak bekerja. Justru sebaliknya, di tengah kondisi seperti ini setiap orang harus bersikap kreatif untuk tetap bertahan hidup. Simak peluang usaha di desa saat corona berikut yang ternyata banyak memiliki peminat menurut itkampus.com

1. Bisnis Rempah-rempah

Semenjak wabah virus corona merebak di Indonesia, harga rempah-rempah menjadi melonjak. Jahe, kunyit, sereh, dan sebagainya menjadi mahal karena orang-orang ingin hidup lebih alami dengan ramuan herbal. Maka, mulailah menanam itu semua dari sekarang karena tidak membutuhkan modal banyak dan waktunya pun cukup singkat.

2. Jual Jamu

Selain menjual rempah-rempah, beberapa ada yang langsung mengolahnya menjadi jamu. Sebenarnya kedua usaha ini bisa dijalankan berbarengan dan akan semakin menguntungkan. Untuk jamu yang dijual dalam bentuk cair bisa dimasukkan ke dalam kemasan botol.

3. Supplier Sayuran

Tanah di desa biasanya lebih subur daripada perkotaan. Cobalah untuk menanam aneka sayur dan menjualnya secara online. Bisa juga menawarkan ke beberapa komunitas orang-orang hidup sehat atau penyuka makanan organik. Sebab saat ini semakin banyak masyarakat yang sadar untuk mengkonsumsi sayuran organik dan membelinya langsung dari petani.

4. Membuat Masker

Pembuat masker kain kini semakin banyak dan bervariasi. Ini bisa menjadi peluang usaha yang dilakukan di desa. Supaya modalnya tidak begitu besar, memanfaatkan kain-kain perca dari bekas penjahit. Selain lebih irit modal, hasilnya pun pasti akan lebih unik.

5. Jual Lele Siap Goreng

Semakin maraknya orang-orang yang bekerja di rumah dan khawatir untuk bepergian, maka bisnis usaha makanan siap goreng pun meningkat. Salah satu yang kini sedang populer adalah lele siap goreng. Ikan-ikan lele telah dibumbui terlebih dahulu lalu dimasukkan ke dalam plastik kemasan. Biasanya sistem bisnis ini adalah pre-order atau pesan dulu baru dikirim.

Masih ada banyak peluang usaha di desa saat corona yang bisa dicoba. Namun beberapa di antaranya membutuhkan modal yang cukup besar agar bisa menjangkau warga kota dan produksi dalam jumlah banyak. Jika yang memiliki modal terbatas, lakukanlah ide-ide di atas dan tekuni prosesnya.

Post Comment