Katanya Istimewa, Ini Mitos Bayi Lahir Sungsang, Kenali Jenis dan Penyebabnya

Kamis 27-06-2024,10:15 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Padahal, setiap kehamilan memiliki kondisi yang berbeda dan posisi satu bayi tidak memengaruhi posisi bayi berikutnya.

Pengaruh Mitos Terhadap Keputusan Orang Tua

Tidak bisa diabaikan, mitos memiliki dampak kuat. Kesalahpahaman bisa membawa Anda atau Bunda ke jalan yang penuh dengan stres, ketakutan, dan mungkin memilih intervensi medis yang sebenarnya tidak diperlukan. Jika orang tua mempercayai mitos yang tidak berdasar, mereka mungkin:

1. Memilih Intervensi yang Tidak Perlu

Menganggap posisi sungsang sebagai masalah, orang tua mungkin memilih tindakan medis tanpa dasar yang jelas.

2. Merasa Stres Secara Berlebihan

Keyakinan pada mitos bisa mengakibatkan kecemasan berlebih, yang dapat berdampak pada kesehatan Bunda dan bayi.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara 2024, Mana Desa dengan Total Paling Besar?

3. Merasa Bersalah

Bunda mungkin merasa bersalah atau menyalahkan diri sendiri atas posisi sungsang bayi, yang dapat mempengaruhi kesejahteraan emosionalnya.

Mitos tentang kelebihan bayi sungsang

Selain beberapa mitos diatas, sebenarnya di masyarakat Indonesia juga berkembang beberapa mitos tentang kelebihan dari bayi yang lahir dari posisi sungsang, walau saat ini telah diketahui beberapa metode cara mengatasi bayi sungsang dalam kandungan.

Beberapa mitos yang berkembang umumnya berbeda pada tiap daerah. Namun secara umum mitos tersebut seperti memiliki kemampuan supranatural yang mungkin berhubungan dengan hal gaib.

Beberapa mitos mengatakan ketika besar, bayi sungsang memiliki kemampuan atau kesaktian gaib, memiliki kemampuan menyembuhkan orang lain, memiliki kemampuan sebagai pemimpin, dan juga beberapa mitos lainnya.

Hal ini kemungkinan pada saat lahir, bayi sungsang tersebut mampu bertahan hidup dimana biasanya dapat berisiko bayi meninggal. Sehingga bayi yang lahir sungsang dengan selamat dianggap memiliki kemampuan tertentu yang lebih.

Itulah sejumlah mitos yang beredar, di era informasi saat ini kita memiliki peluang untuk menantang mitos lama dan membuat keputusan berdasarkan bukti yang nyata. Dengan memahami dan menepis mitos, Anda  akan lebih siap untuk menjalani perjalanan kehamilan dengan lebih yakin.

Kategori :