Persiapkan Dirimu, Ini Daftar 11 Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

Selasa 25-06-2024,16:14 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

4. Pekerja sosial
Kamu akan ditugaskan untuk memberikan dukungan atau layanan kepada individu, kelompok atau komunitas yang membutuhkan. Formasi ini membuka peluang bagi lulusan sarjana semua jurusan.

5. Widyaswara
Di formasi ini, kamu akan bertugas mendidik, mengajar atau melatih pegawai negeri sipil di lembaga pendidikan dan pelatihan pemerintah.

6. Penggerak swadaya masyarakat
Selanjutnya di formasi ini, kamu akan ditugaskan untuk memberikan penjangkauan, pendidikan, dan dukungan komunitas untuk mengembangkan komitmen terhadap perubahan positif.

7. Rekayasa
Bertugas mengevaluasi dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan inovasi dan pelayanan teknologi tepat guna bagi masyarakat.

BACA JUGA:Ada 262 Desa, Ini Rincian Lengkap Dana Desa 2024 di Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT

8. Pemeriksa
Kamu akan bertugas untuk melakukan verifikasi dokumen atau barang, memverifikasi keasliannya dan melaporkan hasil pemeriksaan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

9. Pengawas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah
Kamu akan ditugaskan untuk melakukan kontrol teknis dan keuangan eksternal dalam pengelolaan urusan pemerintahan di wilayah tersebut.

10. Perencana
Dalam formasi perencana ini, kamu akan bertanggung jawab untuk merencanakan pengembangan organisasi atau proyek yang dilaksanakan oleh institusi.

11. Peneliti
Terkahir, kamu akan ditugaskan untuk melakukan penelitian dan investigasi terhadap masalah-masalah tertentu di berbagai bidang, termasuk teknik, sains, dan teknologi.

BACA JUGA:Ada 262 Desa, Ini Rincian Lengkap Dana Desa 2024 di Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT

Tahapan Seleksi CPNS 2024

Menjelang persiapan pendaftaran CPNS 2024, peserta harus melewati enam tahapan seleksi di bawah ini.

1. Seleksi Administrasi

Pendaftar harus mengikuti seleksi administrasi melalui portal sscn.bkn.go.id. Setelah membuat akun, pendaftar dapat melihat hasil seleksi administrasi di laman tersebut sesuai jadwal pengumuman.

Jika dinyatakan lolos seleksi administrasi, pendaftar diminta mengunggah dokumen untuk verifikasi. Kemudian akan dilanjutkan ke tahap kedua, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

BACA JUGA:157 Desa di Kabupaten Sumbawa Terima Kucuran Dana Desa 2024, Segini Rincian di Setiap Desanya

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Kategori :