Sering Ditanam di Pekarangan Rumah, Ternyata 15 Jenis Tanaman Hias Ini Beracun, Hati-hati Merawatnya!

Kamis 06-06-2024,10:08 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Namun kamu harus hati-hati karena menurut penelitian, seluruh bagian dari tanaman dolar ini beracun karena mengandung senyawa oksalat.

Senyawa ini bisa menyebabkan kulit iritasi dan gatal-gatal. Jika sampai tertelan, gejala yang dihasilkan berupa sensasi mulut terbakar, bengkak, iritasi, muntah, air liur yang berlebihan dan kesulitan bernapas.

Jika terlanjur sudah memilikinya, sebaiknya simpan di area yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

BACA JUGA:Warga Palembang Menanti! Ini Kabar Terbaru Soal Pemutihan Pajak Kendaraan di Palembang Tahun 2024

3. Lidah Buaya beracun

Pasti hampir semua orang mengenal tanaman ini. Lidah buaya atau Aloe vera mempunyai banyak khasiat untuk berbagai penyakit. Ternyata, tanaman ini juga mengandung racun yang jika tak sengaja tertelan kucing, dapat mengakibatkan muntah, lesu dan diare.

4. Syngonium tanaman beracun
Tanaman dari jenis Syngonium salah satu cirinya mempunyai daun yang merambat. Tanaman ini memiliki getah yang cukup berbahaya bila tak sengaja mengenai kulit tubuh.

Akibatnya, kulit dapat menjadi gatal-gatal dan bisa terjadi iritasi hingga merasakan sensasi seperti terbakar karena api. Maka sebaiknya anak kecil tidak boleh dekat-dekat tanaman ini.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Resmi Lantik Dewan Pengawas, Hakim dan Panitera MTQ XXXVI Provinsi Bengkulu

5. Daffodil
Di balik bunga kuning yang cerah dan bentuk unik seperti terompet kecil, daffodil mengandung racun. Bila bagian umbi atau akarnya termakan bisa bahaya.

Bagian tersebut berisiko mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare, muntah, hingga masalah serius seperti meningkatnya tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, dan tremor.

6. Wisteria
Tanaman gantung yang cantik ini berwarna ungu ini populer di Jepang dan China. Namun, bagian bijinya ternyata beracun untuk manusia. Zat saponin yang terkandung dalam bijinya, jika sampai tertelan menyebabkan gejala seperti pusing, muntah, bahkan pingsan.

BACA JUGA:Di Kota Bengkulu, Seorang Mertua Ditikam Menantunya Sendiri Disaksikan Anak dan Cucu

7. Philodendron
Ada banyak jenis dari family philodendron yang populer dan jadi koleksi. Bentuk daunnya yang indah menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi perawatannya yang terbilang mudah.

Gejala keracunan akibat tanaman hias ini adalah iritasi mulut, bengkak, muntah, kesulitan bernapas dan air liur berlebihan.

8. Belladonna
Belladonna memiliki kandungan zat tropane alkoids yang beracun jika dikonsumsi. Ada beragam efek yang dapat terjadi jika tak sengaja mengonsumsinya, seperti pupil mata membesar, penglihatan kabur, dan halusinasi.

Kategori :