Jadi Magnet Dunia, Ini 5 Provinsi di Indonesia yang Jadi Lumbung Harta Karun

Kamis 16-05-2024,21:01 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Hasil pertanian dan perkebunan Indonesia tidak hanya dipakai di dalam negeri, tapi juga diekspor ke berbagai negara, seperti perkebunan karet. Tanah di Indonesia juga bermanfaat dalam membuat batu bata untuk pembangunan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Samsung Harga Mulai Rp 2 Jutaan, RAM 8GB dan Performa Multitasking

4. Potensi sumber daya hutan
Salah satu pulau di Indonesia, yaitu Kalimantan sempat disebut sebagai salah satu paru-paru dunia karena memiliki luas hutan mencapai puluhan juta hektare. Namun, saat ini julukan tersebut patut diragukan karena deforestasi besar-besaran yang terjadi di Kalimantan selama beberapa dekade terakhir.

Meski begitu, hasil hutan Indonesia masih patut diapresiasi. Sebab, Indonesia menjadi salah satu pengekspor produk kayu terbesar di dunia. Negara tujuan ekspornya antara lain India, China, Belanda, Singapura, hingga Mesir.                                

BACA JUGA:5 Merek HP Harga Rp1 Jutaan RAM 8 GB, Spek Canggih dan Cocok Dijadikan Pilihan

5. Potensi sumber daya tambang
Sumber daya tambang di Indonesia juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Hasil tambang dari berbagai daerah di Indonesia juga menjadi salah satu penopang perekonomian bagi masyarakat.

Mulai dari tambang emas, perak, tembaga, minyak bumi, gas alam, batu bara, andesit, nikel, dan masih banyak lagi. Pemanfaatan barang tambang pun bermacam-macam. Mulai dari bahan bakar, pembangkit listrik, hingga perhiasan.

Namun, eksploitasi terhadap alam Indonesia sering berbenturan dengan aspek kelestarian lingkungan. Banyak hutan dan kekayaan alam Indonesia lainnya yang ikut hilang akibat aktivitas pertambangan yang masif oleh perusahaan-perusahaan swasta tak bertanggung jawab.

BACA JUGA:Cara Menaikan Rating Driver Shopee Food dan Mempertahankan agar Rating Tetap Bagus, No Curang!

6. Potensi sumber daya udara
Jangan salah, Indonesia juga memiliki potensi sumber daya alam berupa udara. Tidak bisa dimungkiri kalau udara merupakan aspek terpenting bagi kelangsungan semua makhluk hidup, termasuk manusia.

Namun, udara juga bisa dimanfaatkan untuk pembangunan negara, yaitu melalui pembangkit listrik. Pada 2018, Indonesia resmi membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sulawesi Selatan.
Pembangunan ini menjadi salah satu usaha mencari alternatif bagi pembangkit listrik yang menggunakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, seperti minyak bumi dan batu bara.

Selain itu, potensi udara juga bisa menjadi medium penyerapan radiasi sinar UV, pemancar sinyal telekomunikasi, hingga pengolahan makanan.

BACA JUGA:Sidang Putusan 'Kasus Narkoba' Digelar Tertutup, Terdakwa Divonis Jauh Lebih Ringan dari Tuntutan

7. Potensi sumber daya pariwisata
Meski tidak berkaitan langsung dengan alam, sektor pariwisata bisa dibilang termasuk dalam salah satu potensi sumber daya alam di Indonesia.

Banyak sektor pariwisata di Indonesia yang mengandalkan keindahan alam. Mulai dari pegunungan, perairan, pantai, air terjun, hingga laut.

Sama seperti beberapa potensi SDA sebelumnya, pariwisata juga menjadi salah satu pendorong perekonomian negara. Misalnya dengan meningkatkan kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Kategori :