Potensi Harta Karun di Sumatera Ini Ternyata Dimanfaatkan Untuk Pembangunan, Apa Saja?

Minggu 28-04-2024,08:30 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Tambang-tambang ini tersebar di berbagai provinsi di Sumatera, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA:Miliaran Ton Harta Karun Nikel di Indonesia, di Sumatera Jumlahnya Ada Jutaan Ton

Tambang di Sumatera memiliki peran penting bagi pembangunan nasional, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan.

Berikut adalah beberapa manfaat tambang di Sumatera bagi pembangunan nasional:

- Meningkatkan pendapatan negara dan daerah. Tambang di Sumatera merupakan sumber pendapatan negara bukan pajak (PNBP) yang cukup besar.

Pada tahun 2018, sektor mineral dan batubara (minerba) menyumbang PNBP sebesar Rp 41,77 triliun, melebihi target yang ditetapkan sebesar Rp 32,1 triliun.

Tambang di Sumatera juga memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah melalui royalti, pajak, retribusi, dan dana bagi hasil.

BACA JUGA:Ini Potensi Harta Karun Migas Raksasa di Sumatera Utara, di Sini Lokasinya

- Menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan pertambangan di Sumatera membutuhkan banyak tenaga kerja, baik langsung maupun tidak langsung.

Hal ini dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di daerah.

Selain itu, kegiatan pertambangan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi.

- Mendorong kemajuan teknologi dan inovasi. Tambang di Sumatera mendorong pengembangan teknologi dan inovasi dalam bidang pertambangan, seperti teknik eksplorasi, penambangan, pengolahan, dan pengelolaan lingkungan.

BACA JUGA:Ahli dari Australia Teliti Harta Karun di Seluma Bengkulu, Lokasinya di Daerah Berikut

Teknologi dan inovasi ini dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, kualitas, dan keselamatan dalam kegiatan pertambangan.

Selain itu, teknologi dan inovasi ini juga dapat diaplikasikan di sektor-sektor lain, seperti energi, industri, transportasi, dan komunikasi.

- Menjaga ketersediaan sumber energi dan bahan baku industri.

Kategori :