Rekomendasi 5 Pantai yang Aman di Gunungkidul, Asri dan Bersejarah

Kamis 11-04-2024,14:05 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Pada ruang pertama gua ini terdapat sebuah ruang menyerupai aula yang dapat dimanfaatkan berbagai kegiatan. Kemudian ruang kedua terdapat tempat sesaji dan ruang ketiga aksesnya sangat sempit karena lebarnya hanya 50 sentimeter.

BACA JUGA:Hati-hati Melintas di Pantai Panjang, Ada Pohon Tumbang

2. Pantai Krakal

Pantai ini terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari. Merupakan deretan sebelah timur setelah Pantai Baron. Pantai ini terkenal dengan keindahan dua bukit karang besar di sisi barat yang sekaligus menjadi pemisah dengan pantai di sampingnya.

Keindahan pantai ini semakin lengkap dengan birunya laut dan pasir putih. Berkunjung ke pantai ini bisa menikmati sejumlah aktivitas wisata mulai dari surfing, snorkeling hingga menikmati sunset maupun sunrise.

Fasilitas umum di pantai ini sudah cukup memadai, mulai dari toilet dan tempat parkir yang luas, penginapan hingga rumah makan seafood yang khas dan menggugah selera. Kuliner di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Konon Pantai Krakal ini terbentuk dari pergerakan bumi yang mengakibatkan naiknya lapisan bumi. Hal ini mengakibatkan semula Pantai Krakal di bawah laut kemudian menjadi berada di permukaan.

BACA JUGA:Hati-hati Melintas di Pantai Panjang, Ada Pohon Tumbang

3. Pantai Ngrenehan

Kawasan pantai ini dikenal dengan tempat hasil tangkapan nelayan, maka sering disebut pantai nelayan. Lokasinya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Ada ratusan nelayan di pantai ini, sehingga cukup mudah untuk menemukan berbagai olahan hasil laut.

Berbagai ikan dan binatang laut yang merupakan tangkapan nelayan bisa dimasak langsung. Warung-warung di sana bisa menyediakan berbagai ikan, kerang, hingga cumi.

Jadi pengunjung bisa merasakan sensasi membeli ikan segar yang baru turun dari perahu nelayan, lalu dimasak dan menyantapnya sembari menyaksikan deburan ombak di pinggir pantai.

BACA JUGA:Daftar 5 Pantai Terindah di Gunung Kidul Jogja dan Harga Tiket Masuk untuk Libur Lebaran

4. Pantai Jungwok

Namanya memang mirip nama orang Korea. Akan tetapi bagi yang memahami Jungwok berasal dari sebutan Gunung Manjung Krowok atau berlubang kemudian disingkat menjadi Jungwok. Pantai ini berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo atau tenggara DIY.

Tentu tak kalah dengan wisata pantai lainnya, Pantai Jungwok memiliki pasir putih dan air laut yang biru dan bersih. Sebutan Jungwok karena peristiwa Gunung Manjung yang meletus hanya sekali yaitu 400 juta tahun silam.

Kategori :