Ngeri! Ini Bahaya Minuman dan Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan untuk Anak di Bawah 5 Tahun

Kamis 04-04-2024,11:11 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:Segini Maksimal Pinjaman Gadai SK PPPK, Syaratnya Mudah, Angsuran Bulanan Bisa Memilih

Biasanya berbentuk bubuk kristal putih dan memiliki masa simpan yang lama. Sakarin umumnya digunakan dalam produk seperti permen, selai, jeli, kue rendah kalori, dan juga dalam beberapa jenis obat-obatan.

2. Aspartam

Aspartam adalah pemanis buatan berbentuk bubuk putih yang 200 kali lebih manis dari gula. Digunakan dalam produk makanan atau minuman yang berlabel produk diet, bebas gula, rendah kalori, atau tanpa gula, seperti saus salad, soda tanpa gula, jus buah rendah kalori, dan yogurt ringan.

3. Siklamat

Siklamat adalah pemanis buatan rendah kalori yang 30 kali lebih manis dari gula. Umumnya digunakan dalam permen, makanan penutup, minuman ringan, makanan yang dipanggang, dan produk-produk lainnya.

BACA JUGA:Paylater Livin Mandiri Beri Limit Sampai Puluhan Juta, Daftar Cuma Modal KTP dan Bunga 0 Persen

4. Sukralosa

Sukralosa adalah pemanis buatan yang 600 kali lebih manis dari gula. Sering dicampur dengan bahan lain seperti maltodekstrin atau dekstrosa.

Contoh produk yang mengandung sukralosa termasuk permen karet bebas gula dan saus salad rendah lemak.

5. Acesulfame potassium (Ace-K)

Acesulfame potassium adalah pemanis buatan yang 200 kali lebih manis dari gula pasir. Biasanya digunakan dalam minuman ringan, makanan yang dipanggang, makanan penutup, permen karet, dan produk-produk lainnya.

6. Sorbitol

Sorbitol adalah pemanis buatan yang merupakan karbohidrat dan termasuk dalam kategori alkohol gula.

BACA JUGA:Sama-sama Bisa Pinjam Uang untuk Modal Usaha, Ini 5 Perbedaan PNM Mekaar dan ULaMM BRI

Selain sebagai pemanis, juga digunakan untuk menjaga kelembapan dan memberikan tekstur pada produk makanan. Terdapat secara alami dalam beberapa jenis buah seperti apel, persik, dan kurma.

Kategori :