Meski Gurih, Ketahui 9 Dampak Konsumsi Santan Secara Berlebihan,Nomor 1 Fatal

Senin 29-01-2024,14:15 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ini Manfaat Santan Kelapa untuk Wajah, Bisa Membersihkan Pori-pori

2. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan dapat terjadi karena terlalu sering mengkonsumsi santan. Santan memiliki kandungan minyak dan lemak. Kelebihan konsumsi minyak dapat membuat terjadi gangguan pencernaan, dimana perut dapat terasa kembung dan tidak nyaman. Selain itu bisa terjadi gangguan pencernaan. 

BACA JUGA:Selain Airnya yang Segar, Ini Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut, Diantaranya Mencegah Kerontokan

3. Kolesterol

Mengkonsumsi santan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, santan memiliki kandungan lemak trans dan asam lemak jenuh yang terbentuk ketika telah dipanaskan apalagi dalam waktu lama.

Ketika santan yang telah dipanaskan kemudian kita konsumsi, maka lemak-lemak tadi akan menyebabkan kadara kolesterol darah akan meningkat. Kolesterol dalam darah merupaka lemak yang memilik dampak butuk bagi tubuh sehingga biasa digolongkan sebagai lemak jahat. 

BACA JUGA:Punya Masalah Rambut Rontok? Coba Gunakan Bahan Alami Santan Kelapa, Lihat Perubahannya

4. Iritasi Tenggorokan

Mengkonsumsi santan ternyata dapat mengiritasi tenggorokan. Pada banyak orang, mengkonsumsi santan mungkin hal biasa atau lumrah dan tidak menimbulkan efek apapun pada tenggorokan. Namun pada beberapa orang tertentu dengan sifat tenggorokan yang sensitif dan mudah terjadi iritasi, mengkonsumsi santan justru akan menambah gejalanya. 

BACA JUGA:Dapat Memicu Stroke dan Penyakit Jantung, Ini 6 Efek Samping Mengonsumsi Santan Berlebihan

Kandungan lemak ataupun minyak dalam santan dapat memeperparah perasangan atau iritasi pada kulit tenggorokan yang sensitif tadi. Akibatnya tidak sedikit orang yang akan mengalami batuk, nyeri tenggorokan dan leher yang terasa berlendir. 

BACA JUGA:Penting Jangan Diabaikan, Ini Bahaya Santan jika Dipanaskan Berulang-ulang

5. Kram Otot

Mirip pada poin sebelumnya, kram otot adalah dampak dari seringnya mengkonsumsi santan. Kram otot terjadi akibat tingginya kolesterol dan membentuk plak-plak pada pembuluh darah. Plak-plak ini kemudian kan terbentuk dan enempel pada pembuluh darah termasuk pembuluh darah kecil yang menuju ke jaringan otot.

BACA JUGA:Rambut Rontok Mengganggu? Coba Perawatan Pakai Santan Kelapa, Begini Caranya

Kategori :