Bisakah Menebus Utang Sholat yang Ditinggalkan Bertahun-tahun? Ini Kata Gus Baha

Sabtu 27-01-2024,22:29 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Melalui hadis tersebut menjelaskan bahwa jika ada umat Islam yang lupa untuk mengerjakan sholat wajibnya, maka diperintahkan untuk mengganti sholat tersebut ketika dirinya ingat.

Selain itu, ada juga hadis lainnya yang menjelaskan tentang mengqadha sholat, yakni hadis yang mengisahkan ketika Nabi Muhammad SAW mengqadha empat waktu sholat saat terjadinya perang Khandaq pada tahun kelima hijriyah. Empat waktu sholat yang dimaksud adalah sholat dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. 

BACA JUGA:Tanda Kiamat Ini yang Membuat Gus Baha Menangis, Sekarang Tanda Itu Sudah Dianggap Biasa

Artinya: Dari Nafi’ dari Abi Ubaidah bin Abdillah, telah berkata Abdullah,”Sesungguhnya orang-orang musyrik telah menyibukkan Rasulullah SAW sehingga tidak bisa mengerjakan empat sholat ketika perang Khandaq hingga malam hari telah sangat gelap. Kemudian beliau SAW memerintahkan Bilal untuk melantunkan adzan diteruskan iqamah. Maka Rasulullah SAW mengerjakan sholat Dzuhur. Kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan sholat Ashar. Kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan sholat Maghrib. Dan kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan sholat Isya.” (HR. At-Tirmidzi dan An Nasa'i).

Selain berasal dari hadis, selanjutnya ada ijma para ulama tentang wajibnya mengqadha sholat. Di mana seluruh ulama dari semua madzhab, baik itu yang muktamad maupun yang tidak, semuanya telah berijma bahwa hukumnya wajib untuk mengqadha sholat.

BACA JUGA:Ada Rezeki Haram Bisa Menjadi Halal, Begini Syaratnya Menurut Gus Baha

Bisakah Menebus Utang Sholat yang Ditinggalkan Bertahun-tahun?

Menurut Gus Baha selain hanya istighfar ada satu cara yang dapat dilakukan untuk menembus shalat yang sudah lama ditinggalkan.

Sebagaimana yang dilansir di kanal YouTube Berkah Nyantri pada Jumat 9 September 2022, cara tersebut adalah dengan melaksanakan dua kali shalat pada setiap waktunya.

BACA JUGA:Taubat Pernah Berbuat Zina, Ini Amalan untuk Menghapus Dosa Zina Penjelasan Gus Baha

Pada salah satu shalatnya, harus berniat shalat untuk mengganti shalat yang telah ditinggalkan.

"Begini saja, pokoknya tiap shalat kamu lakukan dua kali dan satu diantara dua shalat yang dilakukan tersebut ini akan untuk mengqada salat yang dulu," kata Gus Baha.

Adapun nian shalat mengganti tersebut adalah sebagai berikut:

Usholli fardhu (nama shalat) qadha'an lillahi taala, contohnya usholli fardhu subhi qadha'an lillahi taala.

BACA JUGA:Gus Baha Sampai Meneteskan Air Mata ketika Menerangkan Hari Kiamat

Gus Baha juga menjelaskan bahwa apabila seseorang meninggalkan shalat selama 10 tahun maka Ia bisa rencanakan shalat sebanyak 2 kali tiap waktu shalat.

Kategori :