Cara Mengecek Data Pribadi Anda Bocor Atau Tidak, Ikuti Panduan Berikut Ini

Minggu 24-12-2023,22:19 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Cek KTP Anda, Ini Ciri KTP yang Tidak Boleh Menerima Bansos

3. Laporkan kejadian ke platform yang terkena bocor dan pantau secara rutin 

Cara ketiga, Jika data pribadi Anda bocor, segera laporkan kejadian tersebut kepada platform yang terkait. Dengan melakukan cara ini, mereka dapat segera mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk melindungi akun anda. Selanjutnya, pantau terus perkembangan melalui komunikasi yang khusus, termasuk informasi tentang apa yang terjadi dan langkah-langkah apa yang harus diambil selanjutnya. 

BACA JUGA:NIK KTP Mu Terdaftar atau Tidak, Ini 7 Langkah dan Cara Cek KTP Via Online

4. Pantau aktifitas perbankan atau pertimbangkan pembekuan rekening 

Langkah berikutnya adalah memantau aktivitas perbankan secara cermat. Jika perlu, Anda dapat meminta pihak bank untuk membekukan rekening. Tujuannya adalah mencegah kasus penarikan uang atau pembukaan kartu kredit yang merugikan Anda.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek data pribadi anda serta penangananya. Dalam dunia digital yang terus berkembang, menjaga keamanan data pribadi kita menjadi prioritas utama. 

BACA JUGA:Cara Cek KTP Disalahgunakan oleh Pihak Tak Bertanggung Jawab

Mengikuti langkah-langkah di atas dapat membantu Anda untuk mengetahui dan menghindari risiko bocornya data pribadi Anda. Selalu waspada dan rutin memeriksa keamanan. Dengan menggunakan kata sandi yang kuat serta rutin menggantinya, menghidupkan autentikasi dua factor dan lainnya, Anda dapat meningkatkan keamanan data pribadi Anda secara signifikan.

(Aziz Shadiq Ghaniy)

Kategori :