Meteran Listrik Bakal Diganti dengan Smart Meter Berbasis AMI Gratis, Ini yang Perlu Dipahami

Selasa 19-12-2023,22:40 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

- Jadi untuk mengetahui pemakaian listriknya, pelanggan tidak perlu untuk melihat tagihan pada akhir bulan. Dengan begini pelanggan bisa mengendalikan pemakaian energi dan rekening tagihan listrik sesuai kebutuhannya. Ini mempermudah pelanggan sebab pelanggan bisa mengendalikan pemakaian listriknya.

- Bagi PLN pemakaian smart meter AMI membikin pola layanan juga lebih fleksibel sebab pelanggan bebas memilih layanan pascabayar atau prabayar.

- Disamping itu, PLN bisa mempercepat recovery time apabila terjadi gangguan listrik disebabkan deteksi dapat dilakukan oleh sistem secara realtime.

- PLN akan melaksanakan program pembaruan kWh meter yang terpasang di rumah pelanggan menjadi smart meter AMI secara gratis. Pelanggan pun tidak perlu mengeluarkan biaya saat Perusahaan Listrik Negara (PLN) bakal gantikan meteran listrik konvensional dengan smart meter.

BACA JUGA:Smart Meter AMI, Ini Manfaatnya Untuk Pelanggan, PLN dan Pemerintah

- Dengan Smart Meter, pelanggan bisa mendapat informasi konsumsi listrik serta tagihannya dengan lebih mudah dan akurat.

- Pelanggan juga dapat mengelola konsumsi listriknya supaya lebih efisien dengan Smart Meter. Untuk menjalankan kemampuan ini, Smart Meter tidak berdiri sendiri.

Smart Meter menjadi salah satu bagian dari infrastruktur meteran listrik lanjutan atau AMI, seperti yang diadakan oleh PLN dan SGCC dimana AMI adalah penopang utama Smart Grid.

BACA JUGA:PLN Bakal Ganti Meteran Konvensional ke Smart Meter AMI, Apakah Lebih Irit?

AMI sendiri merupakan keseluruhan infrastruktur dari meteran listrik yang dapat melakukan pengumpulan dan transfer informasi konsumsi listrik ke pelanggan secara langsung.

Selain Smart Meter, AMI ditopang oleh beberapa piranti, salah satunya seperti sistem jaringan komunikasi untuk transfer informasi dari meteran ke konsumen dan produsen listrik.

Kemudian terdapat sistem manajemen data yang berfungsi sebagai wadah mengelola informasi itu.

BACA JUGA:Peralihan Meteran Listrik Konvensional ke Smart Meter AMI, Begini Cara Pasangnya

PLN pun memiliki alasan untuk mengganti meteran listrik konvensional dengan smart meter yang harus dipahami oleh masyarakat:

- Smart Meter PLN bakal menggantikan meteran listrik konvensional untuk mewujudkan implementasi dari Smart Grid dimana Smart Grid merupakan sistem jaringan untuk mengelola kebutuhan listrik secara digital.

Beberapa waktu lalu, PLN dan State Grid Corporate of China (SGCC) menandatangani kontrak kerja sama Pengadaan Managed Services (Sewa Beli) Advance Metering Infrastructure (AMI).

Kategori :