Hewan Ini Tanda Ada Mahluk Halus di Rumah, Jangan Biarkan Masuk

Sabtu 16-12-2023,16:05 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Cara yang paling efektif adalah membacakan surat Al-Baqarah satu surat penuh. Ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:   

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة   

Artinya: “Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR Muslim, At-Turmudzi)   

Hal ini juga diperkuat dengan hadis lain dari sahabat Ibnu Mas’ud, yang mengatakan: 

إِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ فِي بَيْتٍ، خَرَجَ مِنْهُ   

Artinya: “Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu.” (HR Ad-Darimi, At-thabrani)   

BACA JUGA:8 Benda Ini Katanya Bisa Mengusir Hantu dari Rumah, 3 Diantaranya Bumbu Dapur

Jin yang lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah ini adalah setan yang mengganggu secara zahir atau terang-terangan.   

Sebagaimana keterangan dari Ibnu Hibban, yang didapat dari Imam Abu Hatim: 

قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانُ بَيْتَهُ»، أَرَادَ بِهِ مَرَدَةَ الشَّيَاطِينِ دُونَ غَيْرِهِمْ   

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Setan tidak akan memasuki rumahnya’, maksudnya adalah setan yang membangkang (mengganggu), bukan yang lainnya.” (HR Ibnu Hibban) 

2. Baca Doa Masuk Rumah 

Dari Jabir bin Abdillah RA, Rasulullah SAW bersabda:   

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ   

Artinya: “Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan; maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk; maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim, Abu Daud dan yang lainnya)   

3. Baca Doa Hendak Makan 

Kategori :