6 Universitas ini Bisa Jadi Referensi Anda yang Mau Kuliah di Jurusan Hukum dan Masuk Rangking Dunia

Sabtu 09-12-2023,19:08 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

UNDIP merupakan universitas terbaik yang ada di Indonesia. UNDIP juga memiliki fakultas hukum yang berprestasi. Jurusan hukum di UNDIP menawarkan program sarjana yang komprehensif dalam bidang hukum yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional yang mumpuni di dunia hukum. Fakultas ini juga sering kali mengadakan seminar dan lokakarya untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi mahasiswa. UNDIP mendapat peringkat 171 diseluruh asia dan peringkat ke 910 diseluruh dunia.

BACA JUGA:Beasiswa KIP Kuliah 2024 Segera Dibuka, Ini Keuntungan yang Didapatkan

5. Universitas Airlangga (UNAIR)

Fakultas Hukum Unair menjadi salah satu universitas dengan jurusan hukum terbaik di indonesia berikutnya. Fakultas ini menawarkan program sarjana yang mengeksplorasi berbagai aspek hukum dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang sistem hukum di Indonesia. Dengan tenaga pengajar berkualitas dan dukungan fasilitas yang baik, Unair menjadi pilihan yang baik bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan hukum. UNAIR berada pada peringkat 943 diseluruh dunia dan peringkat 179 diseluruh asia.

Berdasarkan informasi fh.unair.ac.id, Fakultas Hukum Unair mengelola empat program studi, yaitu program sarjana (S1), Magister Hukum (M.H.), Magister Kenotariatan, dan program Doktor Ilmu Hukum (S3). Program studi S1 Ilmu Hukum di Unair ini sudah tersertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada 2016.

BACA JUGA:Mahasiswa Catat, Ini Biaya yang Dicover KIP Kuliah, Salah Satunya Uang Saku Bulanan

6. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas dengan jurusan hukum terbaik di Indonesia berikutnya adalah universitas brawijaya. Universitas terbaik ini berada pada Ranking 1.070 diseluruh dunia dan Ranking 217 diseluruh asia. Dilansir dari hukum.ub.ac.id, Fakultas Hukum pertama kali bernama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM) yang berdiri 1 Juli 1957, di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Malang (YPTM). 

Semakin berkembang nya pendidikan, PTHPM diakui sebagai bagian dari Universitas Kotapraja Malang. Kemudian kampus tersebut berganti nama menjadi Universitas Brawijaya dan Fakultas Hukum menjadi fakultas yang berdiri sendiri pada 5 Januari 1963. 

BACA JUGA:Ini Daftar Universitas yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri, Unib Termasuk?

Itulah beberapa jurusan hukum terbaik di Indonesia. Tentu saja, ini hanya beberapa contoh universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan hukum terbaik, masih banyak lagi universitas lain yang memiliki jurusan hukum dengan kualitas terbaik. Pilihan universitas terbaik sangatlah subjektif dan tergantung pada preferensi individu.

BACA JUGA:Mau Kuliah Tapi Bingung? Ini 10 Jurusan Cocok Untuk Anak IPS, Dijamin Cepat Dapat Kerja

Namun, yang harus anda ingat adalah prestasi terbaik dalam bidang hukum bukan hanya tergantung pada universitas yang dipilih, namun juga semangat belajar dan dedikasi siswa itu sendiri. Pendidikan yang baik dan kerja keras akan membantu siswa untuk mewujudkan potensi terbaik mereka dalam dunia hukum.

(Aziz Shadiq Ghaniy)

Kategori :