Pilih iOS atau Android? Begini Perbedaan Keduanya, Penting Sebelum Beli Hp

Selasa 28-11-2023,09:13 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy

Karena eksklusif, iPhone menjadi pilihan yang disukai oleh banyak orang karena semua fungsi dalam satu smartphone ini lebih terlihat elegan dan mudah untuk d gunakan.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Selain Sebagai Pelumas Mesin, Ada 5 Fungsi Utama Oli

iPhone lebih berhati-hati dan teliti dalam mengontrol izin yang boleh dan tidak boleh digunakan. Sedangkan pada android justru lebih menawarkan kebebasan kepada Anda untuk melakukan apa saja yang Anda sukai, karena itu sepenuhnya milik Anda.

3. Aplikasi

Kedua sistem operasi ini memiliki toko aplikasi yang berbeda, yaitu App Store untuk pengguna iOS dan Google Play Store untuk pengguna android. 

Meskipun keduanya menawarkan akses ke ribuan aplikasi, ada beberapa perbedaan dalam aplikasi ini. Karena Apple memiliki kendali yang lebih ketat terhadap ekosistemnya, aplikasi yang Anda unduh pada App Store cenderung melewati proses pengawasan ketat terlebih dahulu, sehingga menawarkan kualitas yang lebih tinggi dan konsistensi.

BACA JUGA:Taubat Pernah Berbuat Zina, Ini Amalan untuk Menghapus Dosa Zina Penjelasan Gus Baha

Sedangkan pada Google Play Store, mereka menawarkan aplikasi yang lebih beragam dan dapat diunduh dengan lebih mudah. 

Proses pengawasan yang lebih santai memungkinkan lebih banyak pengembang aplikasi untuk mengunggah aplikasi mereka pada google play store.

Meskipun kualitasnya lebih bervariasi, keuntungan utama dari Android adalah kemampuannya untuk menginstall aplikasi dari sumber lain selain dari aplikasi Play Store yang memberikan fleksibilitas kepada penggunanya.

4. Keamanan

Perbedaan yang signifikan antara iOS dan Android yang dapat Anda rasakan adalah tingkat keamanan dari sistem operasinya. Pada aplikasi Apple, mereka mengklaim memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena ekosistemnya yang lebih tertutup dan kontrol yang lebih ketat terhadap aplikasi yang diizinkan pada App Store. 

BACA JUGA:Lebih Baik Sakit Hati daripada Sakit Gigi, Ini Penyebab dan Obatnya jika Sakit Gigi

Rasio penyebaran malware pada iOS juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan Android, dikarenakan proses validasi yang jauh lebih ketat dilakukan oleh Apple.

Sedangkan pada android, mereka memiliki tingkat kerentanan yang lebih tinggi karena sifat open-source dan kemampuannya untuk menginstal aplikasi dari sumber-sumber yang tidak diverifikasi. 

Tetapi tidak perlu khawatir, karena google selalu memperbarui proteksi keamanannya untuk mengurangi risiko hal-hal yang tak di inginkan. Selain itu, kebebasan personalisasi Android juga memberikan kemungkinan bagi pengguna untuk menginstal perangkat lunak keamanan tambahan untuk melindungi perangkat mereka, jadi keduanya memiliki sistem keamanan yang setara.

Kategori :