Ini Risiko Menggunakan Minyak Jelantah, Salah Satunya Stroke

Sabtu 11-11-2023,11:03 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Berikut ini enam tips membuang minyak jelantah bekas pakai:

1. Gunakan kembali

Minyak goreng tidak hanya bisa digunakan untuk satu atau dua kali saja. Jika penggunaannya hanya untuk menggoreng makanan dan warnanya belum berubah, minyak goreng masih dapat digunakan berulang.

BACA JUGA:Lulusan D3 - S2 Merapat, PT KAI Buka Rekrutmen Untuk 6 Formasi Ini

Tetapi jika kondisi minyak sudah mulai berubah warna sebaiknya jangan bergegas membuangnya. Saring minyak terlebih dahulu, jika warnanya masih cukup jernih setelah terpisah dari kotorannya maka minyak masih layak digunakan.

2. Simpan dalam wadah

Setelah beberapa kali pakai dan terasa minyak goreng yang digunakan cukup kotor, sisihkan minyak dan tunggu hingga dingin. Siapkan wadah dengan tutup rapat untuk menyimpan minyak.

Masukkan minyak yang sudah dingin ke dalam wadah dan tutup hingga tak ada kebocoran. Buang pada tempat sampah bersamaan dengan wadahnya. Hindari membuang minyak dengan sembarangan walaupun sudah ditutup rapat.

3. Bekukan

Jika tak punya wadah untuk membuang minyak ada solusi lainnya. Minyak yang telah dipakai sebelumnya harus dibekukan hingga benar-benar padat.

BACA JUGA:Cara Lolos Ikuti Seleksi PPPK Guru Kelas 2023, 7 Tips Ini Bisa Disimak

Bisa dilakukan dengan cara menuangkannya dalam cangkir dan simpan selama beberapa jam pada freezer. Setelah minyak beku, gumpalannya boleh langsung dibuang ke dalam tempat sampah atau dibungkus dengan plastik tak terpakai.

4. Bungkus dalam plastik

Beberapa tips sebelumnya akan sangat berguna untuk membuang minyak dengan jumlah yang banyak. Lantas bagaimana jika minyak yang akan dibuang sangat sedikit?

Minyak bekas yang ingin dibuang dalam jumlah sedikit memang boleh dibuang secara langsung ke tempat sampah. Tetapi tetap harus dikemas dengan menggunakan plastik dan diikat rapat agar tak mengotori sampah lainnya.

5. Campur dengan bahan lain

Kategori :