Bukan Limbah Biasa, Ini 4 Manfaat dan Kegunaan Luar Biasa Cangkang Sawit yang Jarang Diketahui

Selasa 07-11-2023,21:34 WIB
Reporter : Tim

Padahal, cangkang sawit memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk-produk bernilai tinggi. Berikut manfaat-manfaat dari cangkang sawit :

1. Bahan Baku Arang

Limbah cangkang Sawit, pertama dapat dijadikan sebagai bahan baku arang. Atau yang lebih populer dengan istilah charcoal. Arang yang dihasilkan dari tempurung kelapa Sawit ini memiliki kualitas tinggi. Hal ini disebabkan karena tempurung Sawit memiliki kandungan zat lignoselulosa. Kelebihan lain yang ditonjolkan oleh arang Sawit ini ialah masalah beratnya yang dapat mencapai 1,4 gram/ml. Serta energi panas yang dihasilkan dari pembakaran arang lebih besar, yakni sejumlah 20.093 kJ/Kg. Perbedaan yang sangat mencolok ini, akan sangat ketara apabila dibandingkan dengan arang yang berbahan dasar dari kayu ataupun tempurung kelapa biasa pada umumnya. Salah satu alternatif yang ramah terhadap daya energi panas.

BACA JUGA:4 Jenis Replanting Kelapa Sawit yang Perlu Diketahui, Serta Kekurangan dan Kelebihannya

2. Bahan Bakar Boiler

Kedua, cangkang Sawit berguna sebagai bahan bakar Boiler. Yakni mengubah limbah menjadi uap yang dapat menggerakan mesin turbin. Selain itu, berfungsi pula untuk mengoperasikan segala mesin yang berbasis uap. Alasan mengapa tempurung Sawit ini digunakan sebagai salah satu bahan bakar alternatif ialah karena barangnya yang berupa limbah bersifat gratis. Selain itu, tekanan api yang dihasilkan juga lebih memiliki tingkat daya panas yang maksimal dan lebih besar. Salah satu bahan bakar alternatif yang dapat menghemat persediaan minyak bumi.

3 Campuran Pakan Ternak

Yang ketiga, cangkang Sawit dapat pula dijadikan sebagai campuran pakan ternak anda. Dimana yang dimanfaatkan ialah bagian lapisan luar (kulit daging) kelapa Sawit. Kabar gembirannya, justru perpaduan antara kulit luar dengan tempurung, dapat mempercepat tingkat metabolisme tubuh sekaligus pertumbuhan binatang-binatang. Khususmya seperti Sapi, Kambing, bebek, ikan sampai dengan ternak ayam. Yang harus diperhatikan selanjutnya, ialah penggunaan cangkang Sawit sebagai campuran pakan ternak ini harus melalui prosedur yang baik dan benar. Menggunakan proses pengolahan yang aman dan memudahkan binatang untuk memakannya.

BACA JUGA:6 Syarat Agar Pertumbuhan Tanaman Kelapa Sawit Maksimal, Boleh Dibuktikan

4. Bahan Pengeras Jalan

Umumnya pengerasan jalan kerap menggunakan aspal. Namun berbeda halnya dengan kawasan atau daerah-daerah tertentu yang mengelola perkebunan kelapa Sawit. Justru mereka melapisi jalan raya dengan menggunakan cangkang Sawit. Hal ini dilakukan dengan berpijak pada beberapa hal. Mulai dari tingkat harga yang lebih jauh ekonomis. 

Berkebalikan dengan harga aspal. Sampai dengan tingkatan kualitas yang tidak kalah kuat. Berbanding lurus, bahkan lebih bagus daripada aspal.

 

(Tim)

Kategori :