Bantuan Beras 10 Kg Lanjut Sampai Desember, Ada BLT El Nino, Triliunan Rupiah Siap Bagikan, Cek Nama Kamu

Jumat 03-11-2023,21:06 WIB
Reporter : Tim

- Buka situs web resmi Kemensos yang telah disediakan, yaitu cekbansos.kemensos.go.id.

Isi alamat lengkap Anda sesuai dengan data yang terdaftar.

- Masukkan nama lengkap sesuai dengan KTP Anda.

Lakukan verifikasi dengan memasukkan kode Captcha yang ditampilkan.

- Klik ‘Cari Data’ untuk mengecek status Anda sebagai penerima bantuan.

BACA JUGA:Bansos BPNT Tahap 5 Disalurkan Lewat Dua Bank Ini, Cek Nama Kamu Cukup via Hp

- Jika Anda termasuk dalam daftar penerima, Anda akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kg dalam tiga tahap. Besaran bantuan ini adalah sama dengan yang diberikan pada tahap sebelumnya.

Selaim itu, lemerintah merogoh kocek negara sebesar Rp7,52 triliun untuk dana bantuan langsung tunai (BLT) El Nino yang akan dibagikan pemerintah pada November-Desember 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan dana sebesar itu akan dibagikan ke setidaknya 18,8 juta warga miskin. Ia mengatakan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) BLT ini diambil dari data Kementerian Sosial.

BACA JUGA:Sebentar Lagi BLT El Nino Rp400.000 Cair, Begini Cara Cek Nama Penerima

BLT El Nino adalah bantuan sosial (bansos) yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk menghadapi potensi dampak negatif dari perubahan musim kemarau ke musim hujan.

Pemerintah menilai ancaman El Nino akan berdampak terhadap daya beli masyarakat dan produksi beras. Sebab itu, BLT El Nino diharapkan dapat menjadi bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam mengatasi situasi sulit yang dapat muncul akibat perubahan iklim ini.

BACA JUGA:Ingin Kebagian Rp400.000 dari BLT El Nino 2023? Ini Syarat Penerima

Presiden Jokowi telah mengumumkan bahwa bansos ini akan diserahkan langsung kepada masyarakat melalui dua tahap, yaitu sebesar Rp200.000 pada November dan Rp200.000 pada Desember.

Cara Cek Penerima BLT El Nino

Data keluarga penerima manfaat BLT El Nino diambil dari data Kementerian Sosial (Kemensos). Untuk mengecek, terdapat dua cara yang bisa dilakukan sebagai berikut:

Kategori :