Pemilik Motor Matic Wajib Tahu, Ini Risiko Terlalu Sering Mematikan Mesin Menggunakan Standar Samping

Rabu 25-10-2023,21:10 WIB
Reporter : Tim

Memang benar bahwa tidak ada aturan yang baku yang melarang pengguna motor untuk mematikan mesin dengan memanfaatkan standar samping.

Namun, kebiasaan mematikan mesin motor dengan cara ini bisa memiliki berbagai risiko, salah satunya yaitu risiko pencurian.

Hal ini bisa terjadi jika Anda terbiasa mematikan motor menggunakan standar samping, namun lupa untuk mematikan sistem kelistrikan dengan menggunakan kunci dan tetap membiarkan kunci tergantung.

Biasanya, hal ini dilakukan ketika berniat meninggalkan motor dalam waktu yang terbilang singkat atau sebentar. Anda mungkin merasa aman meninggalkan motor tersebut, misalnya ketika berhenti di warung untuk membeli sesuatu.

Kebiasaan mematikan motor menggunakan standar samping sebenarnya sangat berisiko untuk memicu terjadinya pencurian motor. Meski hanya sebentar, bukan berarti motor Anda terjamin aman dari pencurian.

Maka dari itu, jika akan mematikan mesin dengan memanfaatkan standar samping dari motor Anda, pastikan melakukannya dengan aman.

Tetap matikan sistem kelistrikan dengan memakai kunci. Lalu, cabut kunci motor Anda, jangan biarkan menggantung di motor. Jangan sampai terjadi pencurian motor karena keteledoran dari penggunanya.

Itulah beberapa risiko terlalu sering mematikan mesin dengan standar samping. Semoga bermanfaat dan tetap berhati-hati dalam berkendara.

(Tim)

Kategori :