Pernah Merasa Takut Menghadapi Suatu Situasi? Baca Doa Ini, InsyaAllah Pertolongan Allah SWT Datang

Sabtu 14-10-2023,08:46 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Artinya: "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami, dan menangkanlah kami atas kaum yang kafir."

BACA JUGA:Keluarga Harus Rukun agar Rumah Menjadi Surga, Selalu Amalkan Sholawat Ini

Pertempuran dimulai dan jalut mengajak bertanding satu lawan satu. Pasukan Raja Thalut diliputi ketegangan. Dengan sombongnya rombongan Jalut mengejek juga menghina. Hingga akhirnya Nabi Daud mengajukan diri dan meminta izin kepada Raja Thalut untuk bertarung melawan Jalut.

Nabi Daud hanya menggunakan sebuah tongkat, beberapa buah batu kerikil, dan sebuah ketapel untuk melemparkan batu-batu itu. Dengan keyakinan diri dan atas izin juga pertolongan Allah SWT, Nabi Daud berhasil membuat Jalut mati tersungkur.

2. Doa dan Tasbih Nabi Daud pada pagi dan sore hari

Nabi Daud dan anaknya, yaitu Nabi Sulaiman AS, adalah dua orang utusan Allah yang memiliki kedudukan, jabatan, dan banyak kekayaan harta. Namun hal itu tidak menjadikan mereka lupa diri, sombong, dan bertindak sewenang-wenang.

Keduanya tidak lupa bersyukur kepada Allah atas segala nikmat lebih yang telah diberi. Nabi Daud dan Nabi sulaiman selalu mengucapkan doa syukur, sesuai yang tercantum dalam Surah An-Naml ayat 15:

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Alhamdulillahilladzi fadhalanaa 'ala katsirim min 'ibaadihil mu'miniin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami daripada kebanyakan hamba-hamba-Nya yang mukmin."

BACA JUGA:Saat Bibir Melantunkan Sholawat Berikut, Malaikat Kerepotan Mencatat Pahala Kita

Doa Tolak Bala

Doa tolak bala dapat dibaca dengan tujuan untuk melindungi diri agar terhindar dari segala bahaya, bencana alam, hingga segala bala. Rasulullah SAW dalam haditsnya sudah mengajarkan bacaannya kepada umat terdahulu.

عَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Artinya: "Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian." (HR Bukhari).

Anjuran memohon pertolongan melalui doa sendiri sudah ditegaskan dalam Al-Qur'an. Hal ini termaktub dalam surah Al Mukmin ayat 60 yang berbunyi,

Kategori :