Kemunculan Hewan Ini Sangat Ditakutkan, Jika Dia Muncul Berarti Dunia akan Berakhir

Minggu 08-10-2023,08:22 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Jika dabbah melukai seseorang, maka dia membawa pesan berupa nasihat kepada manusia seandainya mereka memiliki hati yang bisa berpikir, sehingga mereka sadar untuk kembali kepada Allah, kepada agamanya dan menekan mereka untuk menerima hujah.

Pendapat terakhir ini merupakan pendapat yang dipegang oleh Abu Ubayyah dalam komentarnya terhadap kitab an-Nihayah/al-Fitan wal Malahim, karya Ibnu Katsir.

BACA JUGA:Angsuran KUR BCA Plafon Rp75.000.000 Periode Oktober 2023, Lengkap dengan Cara dan Syarat Pengajuan

Seorang ilmuwan bernama Dr. Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil yang memiliki karya Asyrathhus Sa'ah menegaskan bahwa dalam hadits yang shahih, Rasulullah SAW menyebutkan dabbah kelak datang dengan membawa cincin yang dikenakan Nabi Sulaiman dan tongkat dari Nabi Musa.

Munculnya Dabbah

Rasulullah SAW bersabda bahwa kemunculan dabbah merupakan pertanda bahwa kiamat sudah dekat. Dalil dalam Al-Qur'an juga menjelaskan kehadiran dabbah.

Allah SWT juga telah berfirman dalam Al-Qur'an surat An-Naml ayat 82

۞ وَإِذَا وَقَعَ ٱلْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَآبَّةً مِّنَ ٱلْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ ٱلنَّاسَ كَانُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Arab-Latin: Wa iżā waqa'al-qaulu 'alaihim akhrajnā lahum dābbatam minal-arḍi tukallimuhum annan-nāsa kānụ bi`āyātinā lā yụqinụn

BACA JUGA:Cek NIK KTP Kamu Sekarang, Pemilik KTP Jenis Ini Bisa Pinjam KUR BRI Tanpa Jaminan Hingga Rp100 Juta

Artinya:

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami."

Jika binatang langka (aneh) yang tidak pernah diketahui sebelumnya muncul di permukaan bumi, maka itu artinya kiamat sudah dekat.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, "Rasulullah SAW menyebutkan tiga perkara dan jika ketiganya tersebut sudah keluar maka segala tobat dan ampunan sudah tidak ada gunanya lagi. Sebab Allah SWT sudah mempersiapkan segalanya untuk hari perhitungan. Ketiga hal itu adalah terbitnya matahari dari arah barat, dabbah dan Dajjal." (HR. Muslim).

BACA JUGA:Pembiayaan KUR Kecil BCA Plafon Rp100 Juta, Pedoman Lengkap Agar Pengajuan Bisa Tembus

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya, “Sesungguhnya tanda-tanda (kiamat) yang pertama kali muncul adalah terbitnya matahari dari barat dan keluarnya binatang kepada manusia pada waktu Duha. Mana saja yang lebih dahulu muncul, maka yang satunya akan terjadi setelahnya dalam waktu yang dekat." (HR. Muslim).

Kategori :