8 Rekomendasi Makanan agar Anak Tumbuh Cerdas, Termasuk Bumbu Dapur Warna Kuning

Jumat 06-10-2023,07:41 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

9. Vitamin C

Vitamin C sudah terbukti dapat meningkatkan kinerja sistem imun tubuh dan membantu penyerapan zat besi. Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin, si Kecil dapat terhindar dari penyakit flu serta mempercepat penyembuhan luka. Vitamin C dapat ditemukan pada jeruk, jambu, stroberi, dan mangga.

 

10. Zinc

Terakhir, nutrisi yang tak kalah penting untuk mengasah kognitif anak agar cerdas adalah zinc. Zinc adalah mineral yang berperan membantu produksi lebih dari 70 enzim yang ada di dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya masing-masing, termasuk sistem pencernaan, metabolisme, dan pertumbuhan anak. 

BACA JUGA:Indonesia Punya Segi Tiga Bermuda, Berikut Daftar Kecelakaan di Wilayah Itu

 

Anak yang kekurangan zinc akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan. Zinc bisa didapatkan dari daging, kerang, kacang-kacangan, produk susu, dan telur. 

 

Daftar Makanan yang Membuat Anak Cerdas dan Pintar

Berikut adalah berbagai daftar makanan yang bisa diberikan untuk mendukung perkembangan kognitif anak agar cerdas dan pintar. 

1. Ikan Berlemak

Salah satu pilihan makanan yang dapat membantu fungsi otak cerdas dan pintar adalah ikan berlemak. Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA, yang baik untuk perkembangan dan kesehatan sel-sel otak si Kecil.

BACA JUGA:Siang Malam Kerja Tanpa Upah, Ternyata Ada Dampak Positif Kerja Paksa Zaman Penjajah Belanda dan Jepang

Otak akan menggunakan asam lemak omega-3 untuk membangun sel-sel otak dan saraf. Jenis lemak esensial ini juga penting dalam mengasah memori ingatan, sekaligus memperbaiki suasana hati.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang makan ikan secara teratur cenderung memiliki lebih banyak bagian gelap berwarna abu-abu di otak mereka. Bagian ini mengandung sebagian besar sel saraf yang berfungsi untuk mengendalikan pengambilan keputusan, ingatan, dan emosi. 

Kategori :