BMKG Sebut Kemarau Panjang Sampai Awal 2024, 7 Daerah Ini Terancam Panas Kering

Jumat 29-09-2023,16:14 WIB
Reporter : Tim

Bagian lain, data BMKG menyebut 48,52 persen wilayah Indonesia mengalami curah hujan kategori rendah, 44,09 persen kategori menengah dan 7,39 persen kategori tinggi hingga sangat tinggi pada Agustus.

Jika ditinjau dari sifat hujannya, 63,75 persen wilayah Indonesia mengalami sifat hujan Bawah Normal (BN), 21,97 persen mengalami sifat hujan Atas Normal (AN) dan 15,31 persen mengalami sifat hujan Normal (N).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut mayoritas wilayah Indonesia akan mengawali musim hujan pada November. Namun, ada beberapa wilayah yang mengawali musim ini lebih awal dan ada juga yang terlambat.

“Angin baratan (penanda awal mula musim hujan) yang berasal dari Benua Asia diprediksi akan datang lebih lambat dari normalnya," ungkap Dwikorita dalam konferensi pers daring, Jumat (8/9).

“Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada bulan November 2023, namun, karena tingginya keragaman iklim di Indonesia, menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah," tutur dia.(tim)

Kategori :