Seperempat Abad Usia Google, Dari 2 Mahasiswa Peradaban Manusiapun Berubah

Kamis 28-09-2023,10:21 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Bagian dari pengembangan ini, pada tahun 2003 google membeli perusahaan Pyra Labs, perusahaan yang membuat perangkat lunak pembuatan blog populer Blogger. 

Selanjutnya, tahun 2005 google kembali menjawab tantangan kebutuhan masyarakat. Kali ini mereka meluncurkan Google Earth, sebuah layanan pemetaan online yang memungkinkan pengguna untuk memanggil gambar satelit terperinci dari sebagian besar lokasi di Bumi.

Pada 2006, Google meluncurkan Google Apps yang berisi kalender, program pesan instan, program pembuatan halaman Web, dan Google Documents. Google juga membeli YouTube pada tahun 2006 seharga $1,65 miliar dalam bentuk saham. Google kemudian merilis browser Web gratis Chrome pada tahun 2008. Google kemudian mengembangkan sistem operasi gratis.

BACA JUGA:Kata Buya Yahya, Kalau Tercium Bau Ini di Rumah Tandanya Malaikat Rezeki Berkunjung

Selanjutnya pada 10 Agustus 2015, Google melalui postingan blog, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan perusahaan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google. Sekarang, Google sudah berusia 25 tahun pada tahun 2023 ini.

Demikian ulasan sejarah berdirinya google yang kemudian menjelma menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dunia. Semoga bermanfaat.

 

Tim liputan

Kategori :