Jika Hewan Ini Bersuara Malam Hari, Itu Bukan Tanda Ada Hantu tapi Malaikat Mau Datang

Rabu 20-09-2023,11:11 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Salah satunya mengenai suara dari berbagai jenis hewan. Tentu saja Allah SWT tidak mungkin menciptakannya sia-sia belaka.

Ada satu suara hewan yang menjadi tanda, bahwa malaikat sedang datang sehingga harus direspon dengan baik.

Nabi Muhammad SAW sendiri ketika mendengar suara itu langsung memanjatkan doa agar diaminkan malaikat.

Adapun hewan yang apabila bersuara menandakan malaikat datang itu, yaitu ayam yang berkokok di malam hari.

“Maka dari itu, dulu Nabi kalau mendengar ayam berkokok itu ya direspon baik (berdoa), karena kalau ada ayam berkokok (di malam hari) itu ada malaikat,” katanya.

BACA JUGA:9 Ciri Seseorang Punya Khodam Pengasihan, Tidak Hati-hati Lawan Jenis Bisa Tergila-gila

Maka dari itu, menurut Gus Baha jangan pernah beri re spon buruk saat ada ayam berkokok di malam hari. 

Ayam Berkokok dalam Islam

Suara kokok dari ayam jantan biasa kita dengar di waktu pagi. Suara keras khas ayam inilah yang menjadi penanda waktu sekaligus membantu kita terbangun saat waktu subuh tiba.

Dalam sebuah studi menemukan bahwa ayam jantan tidak membutuhkan cahaya matahari untuk mengetahui kapan fajar tiba. Ini karena ayam jantan memiliki jam internal yang memberi tahu mereka waktu di sekitarnya. Namun, bagaimana jika kita mendengar suara ayam berkokok di tengah malam? 

Al-Hafidz Ibn Hajar mengatakan dalam kitab Fathul Bari,

Ayam jantan memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki binatang lain, yaitu mengetahui perubahan waktu di malam hari. Dia berkokok di waktu yang tepat dan tidak pernah ketinggalan. 

BACA JUGA:Malaikat Israfil ‘Menganggur’ karena Kiamat Belum Tiba? Ternyata Ini Tugasnya Selain Meniup Sangkakala

Dia berkokok sebelum subuh dan sesudah subuh, hampir tidak pernah meleset. Baik malamnya panjang atau pendek. Karena itulah, sebagian syafiiyah memfatwakan untuk mengacu kepada ayam jantan yang sudah terbukti, dalam menentukan waktu.

Karena itu, kita sering mendengarnya berkokok di waktu subuh meskipun cahaya matahari masih belum terlihat. Namun, suara kokokan ayam ini terkadang juga terdengar di tengah malam.

Tidak perlu takut jika Anda mendengar suara kokokan ayam di tengah malam, apalagi dengan adanya berbagai mitos yang berkembang tentang kokokan ayam di malam hari. Karena pada saat ayam berkokok itulah, sebenarnya dia melihat adanya atau kedatangan malaikat.

Kategori :