6 Tips Bepergian Saat Pandemi yang Penting Dilakukan

6 Tips Bepergian Saat Pandemi yang Penting Dilakukan

Pada masa pandemi seperti ini, seluruh masyarakat dihimbau untuk di rumah saja. Namun, ada beberapa orang yang tidak bisa menghindar untuk bepergian, misalnya untuk melaksanakan tugas atau dalam kondisi darurat. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui tips bepergian saat pandemi agar tetap aman dan terhindari dari infeksi virus Corona.

Terlebih lagi kini pemerintah sedang gencar dalam mengkampanyekan kehidupan new normal. Dengan begitu, masyarakat diharapkan bisa hidup ‘berdampingan’ dengan virus Corona. Bagi yang akan bepergian dalam waktu dekat, ketahui 6 tips bepergian saat pandemi berikut ini menurut situs bintangsekolahindonesia.com:

1. Mengikuti Protokol Keamanan dan Kebersihan

Pemerintah berencana mencanangkan era new normal bagi masyarakat Indonesia, namun tetap harus mematuhi protokol keamanan dan kebersihan. Oleh karena itu, saat bepergian, selalu gunakan masker dan selalu menjaga jarak aman. Misalnya, ketika menunggu boarding pesawat, pastikan berjarak minimal 1 meter dengan orang lain saat di ruang tunggu.

2. Membawa Hand Sanitizer

Saat bepergian, tentunya akan sulit untuk bolak-balik ke kamar mandi hanya untuk mencuci tangan. Oleh karena itu, untuk selalu menjaga kebersihan dan menghindari diri dari infeksi virus Corona, bawalah hand sanitizer. Pastikan membawa hand sanitizer dengan alkohol minimal 60% agar tidak terinfeksi virus Corona.

3. Hindari Transportasi Umum

Salah satu cara agar tidak terinfeksi COVID-19 adalah dengan tidak berkerumun. Oleh karena itu, sebaiknya hidnari menggunakan transportasi umum yang biasanya bisa menampung banyak orang. Namun, jika terpaksa menggunakan transportasi umum, selalu pakai masker dan hindari menyentuh permukaan transportasi umum.

4. Melakukan Check-In Online dan Bawa Sendiri Barang Bawaan

Jika menggunakan pesawat, cobalah untuk melakukan check-in secara online sehingga bisa mengurangi interaksi dengan orang lain. Kemudian, usahakan selalu membawa sendiri barang bawaan agar barang pribadi tidak disentuh oleh orang lain. Pasalnya, virus Corona bisa bertahan pada benda-benda tertentu dalam waktu yang lama dan bisa menginfeksi seseorang.

5. Membawa Alat Makan dan Minum Sendiri

Untuk tetap aman bepergian, cobalah untuk membawa alat makan dan minum sendiri. Ini mungkin cukup merepotkan bagi sebagian orang, namun inilah cara yang paling aman. Dengan membawa alat makan dan minum sendiri juga bisa menghindari diri dari bersinggungan dengan orang lain.

6. Duduk di Dekat Jendela

Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, pilihlah untuk duduk di dekat jendela agar menghindari diri bersinggungan dengan orang lain. Selain itu, duduk dekat jendela juga bisa menghindari stress dan rasa takut karena bagi sebagian orang, bepergian di masa pandemi cukup menakutkan.

Jika ingin bepergian, terapkan 6 tips bepergian saat pandemi yang telah dijelaskan di atas. Lakukan seluruh protokol keamanan dan kebersihan yang ditetapkan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Kemudian, tetaplah tenang dan waspada selama perjalanan.

Post Comment