5 Trik Produktif Selama Work From Home Supaya Performance Kerja Tetap Oke

5 Trik Produktif Selama Work From Home Supaya Performance Kerja Tetap Oke

Wabah virus corona mengubah banyak hal di kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah pola kerja yang kini dilakukan di rumah (work from home). Hal tersebut bertujuan untuk memutus persebaran virus. Namun tak menutup kemungkinan kalau sistem kerja ini berlanjut meski wabah dianggap mereda. Temukan trik produktif selama work from home pada artikel ini guna mempertahankan kualitas kinerja.

Trik produktif selama work from home di bawah ini sangat berguna bagi mereka yang merasa performance-nya menurun jika bekerja di rumah. Memang ada banyak tantangan ketika harus berada di rumah sambil bekerja. Tak hanya urusan anak dan pekerjaan rumah saja, namun beberapa orang harus menghadapi kondisi yang kurang kondusif. Lakukan hal-hal berikut untuk mengatasi permasalahan tersebut:

1. Tetap Bangun Pagi dan Bersiap

Bekerja di rumah bukan berarti bisa bangun siang dan bermalas-malasan. Agar tetap semangat dan produktif, bangun pagi seperti biasanya dan bersiaplah. Pilih pakaian yang nyaman untuk bekerja secara santai dan jangan lupa sarapan. Lakukan aktivitas pagi dengan normal layaknya sedang di kantor.

2. Jangan Tunda Pekerjaan Rumah

Salah satu penyebab seseorang kehilangan fokus bekerja di rumah adalah banyaknya pekerjaan di depan mata. Tak hanya memenuhi deadline kantor, tetapi juga harus membereskan rumah. Jangan tunda pekerjaan ini, apalagi hal-hal kecil, seperti membuang sampah, mencuci piring, dan sebagainya. Kalau tidak memiliki asisten rumah tangga, bangun lebih pagi dan selesaikan sebelum memulai kerja.

3. Buat To Do List

Ini penting untuk manajemen waktu yang baik. Adanya to do list membantu untuk mengetahui mana dulu yang harus dikerjakan, baik pekerjaan rumah maupun kantor. Tanpa membuat skala prioritas, maka pembagian waktu dalam sehari akan berantakan. Bukannya menghasilkan sesuatu, justru tidak ada satu pekerjaan pun yang selesai.

4. Buat Suasana Nyaman dan Menyenangkan

Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk bekerja. Misalnya, memutar lagu favorit, duduk di tempat yang nyaman dan jauh dari kebisingan, bekerja sambil minum kopi, dan sebagainya. Hal ini bisa mendukung produktivitas seseorang. Sebab kenyamanan dapat menciptakan semangat kerja.

5. Siapkan Perangkat Pendukung

Peralatan ini bisa bermacam-macam, seperti laptop, headset, dan sebagainya. Peralatan kerja tidak bisa dikesampingkan untuk menciptakan performance kerja yang maksimal. Sebab ini adalah pendukung seseorang untuk memberikan hasil sesuai yang diharapkan. Tidak perlu mahal, namun yang penting sesuai dengan kebutuhan.

Trik produktif selama work from home di atas dapat dilakukan juga saat pemerintah mulai menyatakan kondisi “new normal”. Perlu diketahui bahwa beberapa perusahaan mungkin saja mulai memberlakukan remote working pada kondisi tersebut. Jika hal itu memang terjadi, maka pintar-pintar lah mempertahankan produktivitas di mana pun tempat kerjanya.

Post Comment