5 Tips Merawat Motor Injeksi agar Tetap Prima

5 Tips Merawat Motor Injeksi agar Tetap Prima

Saat ini hampir seluruh sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia menggunakan sistem injeksi. Sistem tersebut dipercaya bisa membuat motor lebih irit bahan bakar. Hal tersebut memanglah benar, namun jika motor tidak dirawat dengan benar maka dapat dipastikan performanya akan turun. Berikut adalah tips untuk merawat motor injeksi yang mudah dilakukan.

Berikut ini adalah Tips Merawat Motor Injeksi menurut situs penjual Alat Press Body Motor:

1. Lakukan Servis Secara Berkala

Agar kinerja mesin dari motor injeksi Anda tetap prima, servis secara berkala sangat diperlukan. Servis motor setidaknya dilakukan setiap tiga bulan sekali. Usahakan untuk memilih tempat servis yang resmi atau bengkel yang sudah sesuai dengan standar berlaku.

2. Cek Busi dan Filter Udara

Busi merupakan bagian motor yang berfungsi sebagai pemantik api dalam proses pembakaran pada mesin. Apabila busi bermasalah, maka akan berdampak pada proses pembakaran yang tidak sempurna. Akibatnya, mesin kurang bertenaga dan tidak dapat menyala.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mengecek kondisi dari busi. Jika busi sudah tidak bisa menghasilkan api sama sekali, berarti Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Sedangkan untuk filter udara, sebaiknya dibersihkan setiap kali servis atau setelah pemakaian 2000 km. Untuk membersihkannya, Anda harus melepas filter udara, kemudian menyemprotnya dengan angin bertekanan tinggi. Dengan demikian, kotoran yang menempel akan rontok dan filter udara pun kembali bersih.

3. Periksa Kondisi ECU

ECU atau Electronic Control Unit ialah otak dari sistem injeksi yang dioperasikan pada motor. Fungsi dari ECU adalah mengatur keseluruhan unit injector, baik buka tutup klep atau takaran bahan bakar yang disemprotkan. Karena merupakan bagian penting dari motor injeksi, maka Anda harus memeriksa kondisi dari ECU secara berkala.

Jika sampai sistem terganggu, kinerja injector tidak akan berjalan dengan sempurna bahkan bisa membuat motor mogok. Jadi, pastikan Anda benar-benar memperhatikan kondisi ECU agar performa motor selalu prima.

4. Ganti Oli Secara Teratur

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan dalam perawatan motor injeksi adalah mengganti oli secara teratur. Berdasarkan info yang diambil di situs https://superbengkel.co.id/, umumnya, waktu yang tepat untuk mengganti oli adalah saat motor sudah menempuh jarak 1.000 km, bisa juga dua bulan sekali. Jangan sampai motor Anda kekurangan pelumas hingga kering, karena akan menurunkan kinerja mesin.

5. Gunakan Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Pemilihan bahan bakar yang tepat adalah cara yang paling sederhana dalam merawat motor injeksi. Idealnya bahan bakar yang dipakai pada motor injeksi ialah yang beroktan 90 ke atas. Tujuannya adalah untuk menyempurnakan pembakaran pada mesin motor. Mulai sekarang sebaiknya hindari bahan bakar dengan kualitas rendah, sebab dapat memicu kerusakan komponen mesin.

Demikian sedikit tips untuk merawat motor injeksi agar performanya tetap terjaga dan dapat bertahan lama. Pada dasarnya cara di atas dapat dilakukan sendiri atau meminta bantuan montir. Namun, jika Anda kurang paham tentang mesin motor dan tidak memiliki peralatan yang memadai, sebaiknya bawa saja motor Anda ke bengkel yang sudah sesuai standar.

Post Comment