5 Cara Memulai Bisnis Kuliner di Masa Pandemi COVID-19

5 Cara Memulai Bisnis Kuliner di Masa Pandemi COVID-19

Salah satu bisnis yang masih bisa bertahan di masa pandemi adalah bisnis kuliner. Dengan begitu, banyak orang ingin mencoba untuk terjun ke dalam bisnis kuliner apalagi kini Indonesia tengah berencana untuk mengaplikasikan new normal. Namun, meskipun begitu, sebaiknya calon pebisnis mulai mencari tahu cara memulai bisnis kuliner di masa pandemi.

Ini dinilai sangat penting untuk diketahui karena memulai bisnis kuliner pada masa pandemi bukanlah hal yang mudah, Terlebih lagi di era new normal, di mana konsumen akan lebih teliti dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah 5 cara memulai bisnis kuliner di masa pandemi yang bisa diaplikasikan menurut situs masfandi.com:

1. Lakukan Perhitungan Bisnis yang Tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin memulai bisnis kuliner di masa pandemi adalah melakukan perhitungan bisnis yang tepat. Pasalnya, di masa yang serba sulit dan tidak adanya kepastian, harga bahan baku cenderung naik turun. Dengan begitu, penting bagi calon pebisnis terutama kuliner untuk memperhitungkan bisnisnya agar bisa mencapai target yang diinginkan.

2. Tetapkan Jenis Makanan yang Ingin Dijual

Setelah melakukan perhitungan yang tepat, mulailah untuk memutuskan jenis makanan seperti apa yang ingin di jual. Ada banyak jenis makanan yang bisa dicoba untuk dijalankan pada masa pandemi ini, misalnya makanan kemasan atau makanan beku. Jika masih bingung menentukan jenis makanan yang dijual, bisa mencoba untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu.

3. Tetapkan Harga Jual

Calon pebisnis harus tahu harga jual yang tepat dalam berbisnis kuliner. Hal ini karena bisnis ini sedang banyak dirintis di masa pandemi ini sehingga akan semakin banyak kompetitornya. Lakukanlah riset terlebih dahulu, baik riset pasar maupun riset competitor untuk mengetahui harga jual yang pas untuk jenis makanan yang akan dijual.

4. Jaga Kualitas Makanan dan Layanan

Meskipun baru pertama kali terjun ke bisnis kuliner, penting bagi calon pebisnis untuk selalu menjaga kualitas dan layanan. Dengan selalu menjaga kualitas dan layanan, maka akan menghasilkan loyalitas konsumen. Selain itu, dengan memiliki kualitas dan layanan yang baik, tentu bisa membuat reputasi bisnis kuliner menjadi baik.

5. Menjalankan Protokol Kesehatan

Masyarakat Indonesia pada khususnya sedang bersiap-siap untuk menerapkan hidup new normal. Oleh karena itu, penting untuk terus menjaga kebersihan makanan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan. Hal ini perlu diperhatikan pada masa pandemi ini untuk kesehatan dan keselamatan konsumen.

Itulah 5 cara memulai bisnis kuliner di masa pandemi yang bisa dijadikan bahan referensi. Teruslah fokus dan semangat dalam merintis bisnis kuliner, meskipun bukanlah sesuatu hal mudah, apalagi di masa pandemi ini. Hal ini karena tidak ada bisnis yang sukses dengan cara yang instan.

Post Comment