Iklan dempo dalam berita

Perkara Berikut akan Ditanyakan saat Yaumul Hisab, Persiapkan Dirimu

Perkara Berikut akan Ditanyakan saat Yaumul Hisab, Persiapkan Dirimu

ilustrasi hari perhitungan atau yaumul hisab--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bagi umat muslim, hari kiamat adalah sesuatu yang pasti. Walaupun tidak seorang pun yang bisa mengetahuinya secara pasti kapan kiamat itu berlaku.

Setelah terjadi kiamat, umat manusia akan menjalani hari perhitungan atau yaumul hisab. Pada hari itu, semua perbuatan manusia selama hidup akan dihitung dan dipertanggungjawabkan.

Jika catatannya penuh dengan amal kebaikan, surga lah tempat selanjutnya. Namun jika sebaliknya, catatan dosa yang banyak, neraka lah tempatnya.

BACA JUGA:Prediksi Gempa Besar dari Peneliti Belanda, Berikut Penjelasan BMKG

Saat yaumul hisab, setidaknya ada tujuh perkara yang akan ditanyakan. Mari kita bersiap untuk menghadapi hari perhitungan dan tujuh perkara yang akan diminta pertanggung jawabkan.

Hisab memiliki dua pengertian menurut istilah akidah, pertama al - 'aradh (penampakan dosa dan pengakuan) dan munaqasyah (diperiksa secara sungguh - sungguh).

Ibnu Taimiyah menyatakan hisab dapat dimaksudkan sebagai perhitungan antara amal kebajikan dan amal keburukan, dan di dalamnya terkandung pengertian munaqasyah dengan maksud pengertian pemaparan dan pemberitahuan amalan terhadap pelakunya. Dalam Al - Qur'an surat an - Nahl (16) ayat 93 yang artinya, "...Tetapi kamu pasti akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan."

BACA JUGA:Wajib Waspada, Sejak Pertengahan Maret Terjadi 30 Gempa dengan Kekuatan Paling Kecil 5,0 SR

 

Berikut 7 perkara yang akan ditanyakan saat yaumul hisab:

1. Tentang agama dan Alqur'an

Ketauhid-an akan dijadikan patokan dari segala amal perbuatan yang ada. Apabila ia tidak mengimani Allah dan Alqur'an, maka manusia tidak akan selamat untuk sampai ke surga. Hal ini dijelaskan dalam Alqur'an Surat Az-Zukhruf (43) ayat 43 - 44 yang artinya,

"Maka berpegang teguhlah engkau kepada (agama) yang telah diwahyukan kepadamu. Sungguh, engkau berada di jalan yang lurus. Dan sungguh, Alqur'an itu benar - benar suatu peringatan bagimu dan bagi kaummu, dan kelak kamu akan diminta pertanggungjawaban”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: