Kota Bengkulu

Waspada Kekerasan Dalam Pacaran!

GM RBTV, Dedy Wahyudi saat meminta salah seorang peserta seminar menjawab pertanyaan yang diberikan.

CamkohaNews – Seminar pencegahan kekerasan dalam pacaran ini diselenggarakan fakultas hukum unihaz dalam rangka memperingati hari perempuan internasional.

Dipandu moderator Dosen Unihaz Uswatun Hasanah, menghadirkan pembicara dari kalangan akedemisi pakar hukum Unihaz Dwikari Yuningsih yang juga Dekan Fakultas Hukum Unihaz.

(Baca juga: Maksimal 15 Tahun, Instalasi Listrik di Rumah Harus Diganti)

Dari kalangan praktisi media menghadirkan General Manager RBTV, Dedy Wahyudi dan aktivis perempuan dari WCC (Women’s Crisis Center) Tini Rahayu.

Ketiga narasumber yang hadir memberikan pemaparan masing-masing.

Dari paparan narasumber terungkap, ternyata angka kekerasan dalam pacaran sangat tinggi. baik kekerasan fisik, psikis, kekerasan seksual sampai kekerasan ekonomi.

Mahasiswa Unihaz tampak sangat antusias, karena tema kekerasan dalam pacaran dekat dengan kehidupan mereka.

Misal ada perempuan yang selalu jadi diikuti oleh sang pacar yang cemburu. Ada cerita perempuan yang HP nya selalu diperiksa oleh sang pacar. Ada juga yang selalu diminta uang oleh pacarnya.

GM RBTV Dedy Wahyudi mengupas tentang bagaimana pacaran yang sehat. Akan lebih aman jika pacara islami. Kalaupun memiliki pacar, sang wanita harus mempertahankan mahkota yang paling berharga. Sebab seringkali ungkapan dan bukti cinta diwujudkan dengan mempersembahkan kesucian.

Aktivis perempuan dari WCC, Tini Rahayu juga mengingatkan agar kawula muda jangan mudah dirayu oleh pacar. Terkadang berawal dari pegang tangan, selanjutnya minta lebih dan akhirnya berujung dengan permintaan hubungan seksual.

Atau sering juga korban diancam karena sang pacar memiliki foto, jika tidak mengikuti permintaan maka sang pacar mengancam akan menyebar luaskan foto pribadi.

Selain pembahasan kekerasan dalam pacaran, seminar ini juga menampilkan aksi seni dan atraksi sulap dari mahasiswa.

Event ini mendapat dukungan dari pihak universitas. Rektor Unihaz, DR Yulferius memuji kreativitas mahasiswa dan meminta support dari media untuk mendukung semua event yang diselenggarakan mahasiswa. Ikut hadir dalam seminar ini, Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia.

Acara ini semakin seru karena moderator Uswatun Hasanah meminta GM RBTV untuk menyediakan hadiah bagi mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan. Rizki, seorang mahasiswa mendapat hadiah uang seratus ribu rupiah karena berhasil menjawab pertanyaan.

(Sugiharto Purnama)

Berita Terkini

To Top